Sulkarnain : Siapa Saja Boleh Daftar

KENDARIPOS.CO.ID — Pemkot Kendari mulai membuka pendaftaran calon Direksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda). Pendaftaran terbuka untuk umum dana akan berlangsung sampai 10 September mendatang. Pendaftaran terbuka untuk umum. Setiap warga metro berkesempatan dirangkul untuk memajukan perumda dan berkompeten.

Sulkarnain Kadir

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, rekruitmen calon pengurus perumda merupakan kesempatan emas bagi seluruh warga metro untuk berpartisipasi membangun daerah ini. “Saya pastikan mereka yang terpilih nantinya adalah orang-orang yang berkompeten dibidanngnya. Saya minta panitia seleksi benar-benar melakukan seleksi secara ketat, transparan dan akuntabel. Sehingga yang terjaring adalah orang-orang yang memiliki komitmen kuat untuk membangun daerah ini,” kata Sulkarnain Kadir kemarin.

Terpisah, Ketua Pansel Direksi Perumda Kota Kendari, Susanti mengaku pendaftaran calon pengurus perumda sudah dibuka sejak 4 September lalu dan akan ditutup pada 10 September mendatang. Adapun persyaratan yang harus dipenenuhi calon pengurus diantaranya berijazah paling rendah S1, kemudian memiliki pengalaman kerja minimal 5 tahun dibidang manajerial perusahaan berbadan hukum dan pernah memimpin tim.

Selanjutnya, kata Susanti, calon pengurus telah berusia paling rendah 35 tahun dan paling tinggi 55 tahun, serta tidak menjadi bagian dari pengurus partai politik (Parpol), calon kepala daerah (Cakada) dan bukan anggota legilatif.

“Pengumuman (informasi) lengkapnya bisa diperoleh masyarakat melalui laman https://kendarikota.go.id. Disitu kita cantumkan syarat-syarat pendaftarannya. Pendaftarannya dilakukan langsug di Sekretariat Pansel Calon Direksi Perumda di Kantor Wali Kota Kendari, Bagian Peeekonomian,” kata Susanti.

Asisten II Pemkot Kendari ini menambahkan, seleksi berkas (administrasi) akan dilakukan dua hari setelah pendaftaran ditutup atau lebih tepatnya pada 12 September mendatang. Adapun hasilnya akan diumumkan pada 13 September melalui media cetak dan website Pemkot Kendari.

“Nanti bagi peserta yang dinyatakan lulus administrasi harus melakukan registrasi ulang untuk mendapatkan nomor ujian yang akan diumumkan waktunya pada saat itu juga. Mereka juga kami wajibkan membuat visi, misi, dan rencana bisnis perumda yang nantinya akan jadi pegangan ketika mereka lulus menjadi pengurus,” kata Susanti. (ags)