Terobosan Tafdil Dilirik Kemenpan RB

KENDARIPOS.CO.ID — Inovasi Mall Pelayanan Publik (MPP) Pemkab Bombana yang dinakhodai Bupati Tafdil menarik perhatian dan dilirik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Mall Pelayanan Publik pertama di Sultra itu bakal diresmikan oleh Menpan RB, Tjahjo Kumolo pada Oktober 2021.

Rencana peresmian MPP oleh Menpan RB, Tjahjo Kumolo diungkapkan Plt.Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III KemenPAN-RB, Muhammad Yusuf Kurniawan. “Tujuan kami di sini untuk memastikan kesiapan Pemkab Bombana dan MPP secara keseluruhan sebelum diresmikan oleh Menpan yang kita jadwalkan pada Oktober mendatang,” tuturnya disela-sela pemantauan MPP Bombana, Selasa (21/9) kemarin.

Bupati Bombana, Tafdil (tengah), Plt.Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah III KemenPAN-RB, Muh.Yusuf Kurniawan (tiga dari kanan) usai pemantauan MPP Bombana, Selasa (21/9)

Diakui Muhammad Yusuf, telah banyak perubahan yang terjadi pada MPP Bombana ini. Khususnya, pada segi pelayanan pengunjung ditiap-tiap loket yang ada. Bahkan, kenyamanan yang diberikan ke setiap pengunjung lebih maksimal. Khususnya, dari segi fasilitas seperti kursi yang lebih nyaman digunakan pengunjung, bahkan MPP ini juga sudah dilengkapi alat monitor antrean.

“Secara keseluruhan, rekomendasi perbaikan yang kita berikan kepada Pemkab Bombana dalam hal penyempurnaan MPP sudah dilakukan. Salah satunya, yakni dari segi pemberian layanan yang sebelumnya sifatnya terkesan tertutup dengan dibatasi sekat-sekat antara pengguna dan pemberi layanan. Pada saat itu kami rekomendasikan untuk dibuka, dan itu pun sudah dilakukan,” imbuh Muhammad Yusuf.

Dengan adanya MPP Bombana ini, diharapkan dapat memotivasi daerah lainnya di Sultra dalam membangun gedung MPP. Terlebih lagi, kehadiran MPP di tiap daerah sangat penting guna memberikan kemudahan, kecepatan dan transaparansi dalam pelayanan bagi masyarakat. “Untuk saat ini, Bombana menjadi satu-satunya kabupaten yang telah memiliki MPP. Sebab daerah lainnya masih dalam tahap pembangunan,” tegas Muhammad Yusuf.

Kehadiran inovasi Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Bombana mendapat respons positif warga Bombana. Sejak diluncurkan Bupati Bombana Tafdil pada November 2020 lalu, MPP Bombana telah memberikan pelayanan untuk masyarakat umum. Kemudahan dan kecepatan yang selama ini di impikan masyarakat dalam mengurus berbagai perizinan diwujudkan oleh sang Bupati, Tafdil.

Dalam arahan Bupati Tafdil, petugas MPP menyajikan beragam kemudahan dalam berbagai urusan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya dalam memperoleh berbagai dokumen yang dibutuhkan. Tidak ada lagi, kata repot atau ribet yang akan di keluarkan warga Bombana jika ingin mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP), membayar pajak, mengurus perpanjangan SIM maupun urusan lainya. Sebab, Pemkab Bombana mengintegrasikan seluruh layanannya melalui MPP.

“Hadirnya MPP ini menjadi salah satu solusi yang diberikan pemerintah daerah untuk memudahkan masyarakat mengurus administrasi atau dokumen izin di satu tempat,” ujar Bupati Tafdil saat mendampingi utusan Menpan RB, kemarin.

Dengan adanya MPP ini diharapkan tidak ada lagi masyarakat yang melapor kesusahan mengurus berbagai izin karena kerumitan birokrasi. Sebab pada MPP ini, masyarakat bisa mengurusnya di satu tempat. Bahkan, pelayanan yang diberikan pun sangat cepat dan mudah.

“Sebelumnya, Kemenpan RB pernah hadir ke MPP dan memberikan beberapa rekomendasi demi perbaikan MPP kita ini. Ada 11 rekomendasi yang diberikan, dan kami sudah menuntaskan semuanya. Nah hari ini mereka ingin memastikan lagi, sebelum diresmikan pada Oktober nanti oleh Menpan RB,” pungkas Bupati Tafdil. (idh/b)

Bombana Satu-satunya Kabupaten yang Memiliki MPP