–Inovasi Konvergensi Media Garda Terdepan Kendari Pos Tetap Eksis


KENDARIPOS.CO.ID — Perkembangan teknologi informasi kian pesat. Era disrupsi datang. Metode kerja lama yang berbasis manual tercabut dari akarnya dan tergantikan oleh teknologi canggih. Inovasi dengan perubahan fundamental mengubah beragam platform aktivitas manusia era milenial yang ditandai hadirnya teknologi digital.

Mau tidak mau semua aspek kehidupan harus menyesuaikan diri dengan datang era disrupsi. Sektor bisnis pun mau tidak mau mesti melakukan perubahan agar tetap eksis dan berkelanjutan. Kendari Pos yang bergerak di sektor bisnis pun beradaptasi dengan perubahan. Kendari Pos menyiasatinya dengan berinovasi dan kreativitas untuk menjawab tantangan era disrupsi.

Di hari ulang tahun (HUT) ke-26, 9 September 2021, menjadi momentum bagi Kendari Pos untuk membuktikan diri masih bisa bertahan dan tetap eksis di tengah gempuran era disrupsi saat ini. Itu terungkap dalam diskusi bertajuk Tantangan Media di Era Disrupsi. Diskusi yang digelar Kendari Pos menghadirkan narasumber berkompeten dibidangnya seperti Rektor Unsultra Prof.Andi Bahrun, General Manager Swiss-Belhotel Kendari, Firman Hidayat dan Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin. Diskusi juga dihadiri perwakilan media massa dari berbagai platform di Kota Lulo.

Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin (tengah, kemeja putih), Rektor Unsultra Prof. Andi Bahrun, M.Sc.,M.Agric (tengah, batik merah), GM Swiss-Belhotel Firman Hidayat (tengah, blazer hitam) foto bersama sejumlah pimpinan media online saat diskusi pagi bertajuk “Tantangan Media di Era Disrupsi” dalam rangka syukuran SKH Kendari Pos yang ke-26 di Graha Pena Hall, Jalan Malik Raya, Kendari, Kamis (9/9).

Mengawali diskusi, Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin tak menampik jika diera disrupsi saat ini sajian informasi media massa kian kompetitif. Oleh karena itu, media massa dituntut lebih kreatif dan inovatif agar terus berkembang dan maju di tengah konstelasi persaingan yang kian ketat. Kendari Pos saat ini, konsisten melahirkan berbagai terobosan untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang super bervariasi.

“Misalnya Kendari Pos melakukan inovasi konvergensi media yang terdiri dari lima platform. Yaitu e-koran Kendari Pos, kendaripos.co.id, kendarinews.com, Update News, dan Kendari Pos Channel (youtube/Podcast). Suguhan informasi yang di tampilkan komprehensif dan saling berintegrasi satu sama lain. Dengan begitu, masyarakat Sultra dan Indonesia pada umumnya, mendapatkan informasi sempurna dan kredibel,” kata Irwan Zainudin saat menjadi pembicara di Aula Graha Pena Kendari Pos, Kamis (9/9) kemarin.

Terobosan tersebut, kata dia, bagian dari mengokohkan eksistensi agar konsisten berjaya dari zaman ke zaman. Strategi tersebut sangat penting ditempuh oleh media. Tujuannya, persiapan menghadapi tantangan yang akan datang. Intisarinya, kata Irwan, mesti cerdik melihat dan memanfaatkan peluang yang ada. Untuk melahirkan instrumen inovasi kekuatan media massa, maka ide yang ditemukan dikelola dengan baik, dirawat dan ditumbuhkan.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Prof.Andi Bahrun mengapresiasi inovasi konvergensi media ala Kendari Pos di era disrupsi saat ini. Menurutnya, media harus mampu mengeksplor berbagai perubahan sehingga bisa memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.

“Kendari Pos maupun media lainnya harus mampu berbenah setiap waktu. Media harus selalu aktif dan kreatif, mengikuti setiap perubahan dan perkembangan di berbagai zaman. Dan hal itu membuktikan, bahwa eksisnya sebuah media, karena mampu membaca dan memahami kebutuhan yang dinginkan di era modern ini,” kata Prof.Bahrun.

Tantangan media massa di era disrupsi adalah dapat bisa hadir memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Artinya, media harus selalu menyesuaikan tren yang terjadi dan kebutuhan oleh seluruh elemen. “Media harus melakukan terobosan dan perubahan, dalam artian harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan di era sekarang. Terobosannya harus inovatif yang kreatif dan kredibel, agar mampu bertahan lama,” kata Prof.Bahrun.

Di sisi lain, media massa harus meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya yang dibarengi dengan pola kemitraan dan kerja sama dengan seluruh elemen. “Media harus bisa selaras dengan hadirnya digitalisasi. Kendari Pos telah membuktikan itu melalui inovasi konvergensi media dengan lima platform media. Inovasi itu berarti Kendari Pos bisa melihat kebutuhan dan tren yang berkembang. ,” ungkap Prof.Bahrun.

Senada, General Manager Swiss-Belhotel Kendari, Firman Hidayat mengapresiasi inovasi Kendari Pos di era disrupsi saat ini. Menurutnya, beragam platform media yang ditawarkan Kendari Pos menjadi daya tarik tersendiri bagi elemen lain untuk bermitra, termasuk pihaknya.

Firman mengakui, konvergensi media ala Kendari Pos berkontribusi terhadap kelangsungan bisnis coorporatenya di Kota Kendari. Publikasi positif Kendari Pos meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Swiss-Belhotel, apalagi di era disrupsi dan pandemi Covid-19 saat ini. “Tingginya kepercayaan publik terhadap pemberitaan, harus diimbangi komitmen menjaga kepercayaan. Saya rasa, sampai kapanpun masyarakat tetap membutuhkan media massa. Media tidak akan mati,” kata Firman Hidayat.

Firman memotivasi peserta diskusi agar tetap semangat berinovasi dan berkreasi di era disrupsi. Ia mencontohkan, pihaknya meskipun diperhadapkan masa sulit saat ini, namun masih mampu bertahan. “Selama pandemi covid 19, SwissBell Hotel berbenah baik secara internal maupun eksternal. Keadaan ini bukan membuat kita mati tapi menuntut kita berbenah diri,” ungkapnya.

Digelar Sederhana, Tapi Meriah

Seremoni HUT ke-26 tahun Kendari Pos digelar sederhana, mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19. Dukungan dan doa agar Kendari tetap eksis dimasa pandemi saat ini pun berdatangan dari mitra bisnis. Dukungan datang dari Rektor Universitas Sulawesi Tenggara, Prof.Andi Bahrun. Ia mengaku, Kendari Pos merupakan mitra strategisnya dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi di Bumi Anoa. “Publikasi Kendari Pos membantu kami dalam mengembangkan kampus hingga bisa dikenal banyak orang,” kata Prof.Bahrun, kemarin.

GM Swiss-Belhotel Firman Hidayat mengatakan Kendari Pos berkontribusi besar terhadap eksisnya Swiss-Belhotel. “Kendari Pos membantu kami dalam mempromosikan berbagai produk kami kepada khalayak,” kata Firman Hidayat.

Senada, GM Claro Kendari, Syahrir Ramadan menyambut baik hari jadi Kendari Pos yang ke-26 tahun. Menurutnya, Harian Kendari Pos merupakan mitra terbaiknya selama meminpin hotel yan gberada dibilangan Jalan Edi Sabara itu. Sementara itu, GM Plaza Inn Kendari, Priehandhono Setiabudhi mengapresiasi Kendari Pos yang masih eksis dan bertahan serta setia mendukung pihaknya dalam mengembangkan bisnis perhotelan di Kota Lulo. “Itu menandakan Kendari Pos mapan di semua bidang, baik SDM-nya maupun lainnya,” kata Priehandhono.

Menerima doa dan dukungan dari para mitra, Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin mengucapkan terima kasih karena Kendari Pos dipercaya menjadi mitra bisnis para coorporate. Ia yakin dukungan dari mitra menjadi pelecut semangat dalam menyajikan informasi terbaik dan akurat bagi masyarakat termasuk menghadirkan beragam inovasi. (ags/ndi/ilw/ali/b)

Doa dan Dukungan dari Mitra Bisnis Mengalir