KENDARIPOS.CO.ID — Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari dalam komando Sudirham ingin mengasah kemampuan menulis atau literasi aparaturnya. Menulis dalam konteks ini adalah menulis tentang kegiatan atau program kerja yang dilaksanakan BKPSDM untuk disiarkan ke publik. BPKSDM memilih koran Harian Kendari Pos untuk menempa keterampilan ASN yang dikemas dalam program magang jurnalistik BKPSDM. Program magang itu sebagai implementasi BPKSDM atas instruksi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB)

Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin (tiga dari kiri), Plt. Kepala BKPSDM Kota Kendari Sudirham (tiga dari kanan), beserta jajaran BKPSDM Kota Kendari foto bersama usai kunjungan di Graha Pena Kendari Pos, Jalan Malik Raya, Kendari, Jumat (17/9).

“Sebenarnya selama ini kan ada wartawan, tapi terkadang karena mungkin jadwal yang begitu padat sehingga tidak sempat mengakses informasi kegiatan kami. Sehingga kami ingin teman-teman ASN BKPSDM juga mengembangkan diri untuk bisa menulis. Utamanya menulis berita sesuai formula jurnalistik dan kode etik jurnalistik,” kata Sudirham, Plt.Kepala BKPSDM Kota Kendari kepada Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin dalam kunjungan silaturahmi bersama rombongan di Graha Pena Kendari Pos, Jumat (17/9) kemarin.

Di sisi lain, upaya peningkatan SDM merupakan bagian dari instruksi Menpan RB yang tengah menggencarkan program Smart ASN. Maksudnya, setiap aparatur negara membekali dirinya dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan termasuk keterampilan menulis sebagai upaya menghadapi perkembangan jaman.

Sudirham mengatakan ASN BKPSDM mesti dibekali kaidah penulisan jurnalistik. Untuk itu, dia memilih koran Harian Kendari Pos sebagai mitra dalam menajamkan kemampuan aparaturnya. Sudirham memilih Harian Kendari Pos sebagai mitra sekaligus lokus pembinaan beberapa aparaturnya karena melihat eksistensi Kendari Pos yang masih bertahan dengan pola pemberitaan yang santun dan menginspirasi.

“Berdasarkan pengamatan kami, eksistensi Kendari Pos masih kokoh meski berada dalam pusaran era disrupsi dan kemajuan teknologi informasi (TI). Ini menjadi tanda bahwa Kendari Pos mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Berita-beritanya juga sangat berbobot, kajian yang dilakukan komprehensif, sehingga tidak salah kami memilih Kendari Pos sebagai mitra,” ujar Sudirham.

Untuk tahap awal, Sudirham bakal mengutus dua aparaturnya untuk “magang” di koran Harian Kendari Pos. Itu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis aparatur ASN sehingga nantinya piawai menyiarkan informasi (kegiatan) BKPSDM. Ke depan, Sudirham bakal bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya sekaligus menggagas pelatihan jurnalistik dalam rangka peningkatan SDM aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkot Kendari.

Pada kesempatan itu, Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin menyambut niat mulia Plt.Kepala BKPSDM Kota Kendari, Sudirham yang memilih Kendari Pos sebagai mitra dalam peningkatan literasi SDM aparaturnya. Dengan SDM yang dimiliki, Kendari Pos siap membantu. “Ini sebuah penghargaan sekaligus kepercayaan bagi kami. Tentu kami berkomitmen untuk menyukseskan program yang dimaksud. Kami siap membantu,” kata Irwan Zainuddin.

Dirut Irwan Zainuddin, menambahkan kemampuan menulis sebenarnya penting dimiliki oleh seseorang apalagi ASN lingkup BKPSDM. Selain bisa menjadi bekal diri, kepandaian dalam menulis bisa menopang kemampuan berbahasa seseorang. Di samping itu, ASN bisa membantu instansinya dalam menyiarkan informasi kegiatan yang harus diketahui oleh masyarakat. “Kami harap para ASN bisa belajar menulis selain untuk menyampaikan informasi, juga karya yang ditulis bisa berbuah knowledge. Jadi ilmu pengetahuan bagi pembacanya,” ujar Irwan Zainuddin.

Pada kesempatan itu, Dirut Irwan Zainuddin mengungkapkan Kendari Pos masih bisa eksis meskipun berada diera kemajuan teknologi utamanya diera disrupsi. Strateginya adalah Kendari Pos terus melakukan inovasi melalui konvergensi media. Koran Kendari Pos sebagai bisnis utama, dan ditopang dengan platform media seperti kendaripos.co.id, kendarinews.com, Update News, dan Kendari Pos Channel (Podcast YouTube).

“Kami berinovasi dengan melahirkan konvergensi media. Semua itu bermuara pada satu tujuan, yaitu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Sultra. Atas kepercayaan yang diberikan oleh mitra tentu akan kami jadikan semangat dan motivasi untuk selalu menghadirkan karya terbaik bagi masyarakat,” tutup Dirut Irwan Zainuddin. (ags/b)

Tetap Eksis Karena Konvergensi Media