Maksimalkan IMB, Luncurkan Studio Desain

ZULFADLY NUR/KENDARI POS
IZIN BANGUNAN : Sekab Kolaka, H. Poitu Murtopo (ketiga dari kanan) saat memantau studio desain infrastruktur di kantor Dinas PUPR Kolaka, usai diresmikan.

KENDARIPOS.CO.ID–Dari sekian banyak bangunan yang ada di Kabupaten Kolaka, hanya 15 persen yang memiliki izin. Artinya, sebagian besar konstruksi yang ada di Bumi Mekongga belum memiliki izin mendirikan bangungan (IMB). “Ini terjadi karena ketidaktahuan masyarakat untuk mendapatkan desain bangunan.

Sementara salah satu syarat untuk mendapatkan izin, harus mempunyai desain. Masyarakat tidak tahu siapa yang bisa membantu untuk membuat desain itu dan di mana tempatnya. Olehnya itu, kami meluncurkan studio desain infrastruktur ini untuk membantu melayani masyarakat mendapatkan izin bangunan,” ungkap Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kolaka, Arifin Jamal Budi Dharma, kemarin.

Ia menjelaskan, studio desain infrastruktur tersebut merupakan fasilitas atau tempat pengelolaan gambar, data dan informasi mengenai infrastruktur yang ada di otorita Bupati, H. Ahmad Safei. Studio tersebut memiliki fungsi internal dan eksternal. “Fungsi internal sebagai tempat desain dan tata analisis kajian infrastruktur. Sedangkan fungsi eksternal menjadi informasi dan sosialisasi pada masyarakat yang ingin mengetahui tata letak wilayah bangunan infrastruktur sesuai perundang- undangan,” jelasnya.

Arifin menambahkan, salah satu tugas Dinas PUPR adalah melakukan verifikasi analisa terhadap desain infrastruktur. Baik yang dimiliki masyarakat, pemerintah, ataupun dunia usaha. Sebelum desain tersebut difinalkan terlebih dahulu harus melalui proses analisa dan verifikasi kesesuaian tata ruang dan konstruksi terhadap apa yang dilakukan konsultan.

“Sebelumnya pengurusannya harus melalui Bidang Tata Ruang dan Bidang Cipta Karya. Namun, dengan adanya studio ini maka kami satukan tempatnya. Di studio ini ada tim teknis yang sudah dibentuk dari beberapa disiplin ilmu, diantaranya arsitek dan sipil. Semuanya ada di studio ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabupaten Kolaka, H. Poitu Murtopo yang mewakili Bupati Kolaka meresmikan studio desain infrastruktur tersebut memberikan apresiasi kepada Kadis PUPR, Arifin Jamal. “Terobosan ini sangat kami apresiasi. Semoga keberadaan studio bisa menuntaskan persoalan penataan ruang dan izin bangunan di Kolaka,” harapnya. (c/fad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *