Prof. Dr. Weka Widayati, MS

-KKN Tematik di Kelurahan Kadia Kota Kendari

KENDARIPOS.CO.ID– Salah satu kewajiban dosen dalam berkontribusi untuk negeri adalah Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Kewajiban ini pula yang dilakukan Prof. Dr. Weka Widayati, MS., dan sejumlah dosen di Universitas Halu Oleo melalui Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik.

Dengan melibatkan sejumlah mahasiswa, Prof. Weka Widayati (Ketua Tim), mengadakan bimbingan mitigasi penyebaran Covid-19 melalui pemetaan kepadatan pemukiman, mobilitas penduduk dan lingkungan Kelurahan akasia Kota Kendari. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan survei dan pemetaan yang dilaksanakan mahasiswa melalui diskusi dengan pemerintah setempat dan masyarakat, serta mengambil titik koordinat di pemukiman masyarakat Kelurahan Kadia.

Tim PPM Terintegrasi KKN Tematik UHO sempatkan foto bersama usai menggelar bimbingan mitigasi penyebaran Covid-19 di Kelurahan Kadia.

“Tujuan lainnya, adalah mengidentifikasi lingkungan yang akan menjadi tempat-tempat penerapan protokol
Kesehatan serta fasilitas cuci tangan. Tim PPM terintegrasi KKN tematik bersama masyarakat melakukan pemetaan untuk mitigasi penyebaran virus di Kadia khususnya,” terang Prof Weka, kemarin (1/9) melalui rilisnya pada Kendari Pos.

Lebih jauh Wakil Rektor II UHO ini, mengungkap bahwa PPM terintegrasi KKN tematik dengan tema di atas bermaksud agar penyebaran Covid 19 dapat terkendali di lingkungan Kelurahan Kadia. Mengingat kawasan ini padat pemukiman dan mobilitas penduduk yang tinggi rentan dengan aktivitas kerumunan masyarakat. Bahkan, kelurahan ini pun masuk dalam kategori Zona Merah persebaran Covid 19 sehingga menjadi perhatian untuk dilakukan langkah-langkah mitigasi.

“Kami berharap melalui bimbingan mitigasi ini pemerintah dan masyarakat dapat memahami informasi yang ada dalam peta. Sebelum melakukan mitigasi, telah dilakukan konsolidasi, persiapan pembekalan. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan luring. Daring lebih dioptimalkan karena pandemi Covid masih belum berakhir. Tentu saja, pelaksanaan kegiatan ini sangat menerapkan Prokes Covid 19,” tandas salah satu guru besar UHO tersebut.

Selain melibatkan mahasiswa UHO PPM terintegrasi KKN Tematik ini, juga melibatkan sejumlah dosen Kampus Hijau sebagai anggota. Mereka adalah Sawaludin, S.Pi., MSc., Anita Indriasary, S.Pi., M.Si., Weko Indira Romanti Aulia, ST., M.Sc., Saban Rahim, S.Si., M.P.W. (ilw/b)