MA se-Sultra Helat ANBK – Kendari Pos
Edukasi

MA se-Sultra Helat ANBK

Muhammad Ilwanto/Kendari Pos
Suasana pelaksanaan ANBK di MAN 1 Kendari, kemarin (27/9).


– Serentak Tanggal 27-30 September

KENDARIPOS.CO.ID– Kanwil Kementrian Agama (Kemenag) Sultra menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang Madrasah Aliyah (MA) yang dilaksanakan mukai tanggal 27 hingga 30 September 2021. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di Indonesia, sesuai jadwal yang ditetapkan Kemendikbudristek RI.

Kabid Pembinaan Pendidikan Madrasah Kemenag Sultra, Muh. Saleh, M.Pd.I., mengatakan pelaksanaan ANBK sesuai Juknis yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Dimana ANBK dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas siswa.

“Kegiatan ini merupakan program Kemendikbudristek untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret, input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan, termasuk melibatkan siswa dan guru madrasah. 

“Asesmen ini sangat perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Kegiatan ini dirancang untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar yang hasilnya akan mengarah pada meningkatnya hasil belajar siswa,” bebernya.

Pelaksanaan ANBK, lanjut dia, berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Kekhawatiran adanya masalah jaringan internet yang memang selalu menjadi kendala dalam penyelenggaraan kegiatan yang berbasis online, tidak terjadi sehingga hari pertama ANBK berlangsung lancar.

“Alhamdulillah pada pelaksanaan hari pertama ANBK, berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan jaringan,” jelasnya.

Pelaksanaan ANBK ini tidak diikuti oleh seluruh siswa, hanya sebagian saja, dimana masing-masing sekolah diikuti sekitar 40 siswa dengan 5 orang cadangan, serta 15 peserta perwakilan guru.

“Totalnya 4787 siswa yang telah dipilih secara random untuk mengikuti ANBK tahun 2021, dimana peserta Asesmen ini diikuti oleh siswa kelas XI. Mereka lebih awal ikut ANBK agar lebih siap dalam mengikuti ujian akhir baik dari segi akademik dan mentalnya,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala MAN 1 Kendari, La Tangkalalo, mengatakan pelaksanaan ANBK berjalan dengan tanpa adanya masalah.

“Semuanya berjalan sesuai dengan apa yang kita harapakan. Dimana dalam pelaksanaannya tetap mengutamakan penerapan protokol kesehatan, dengan mewajibkan para peserta menggunakan masker, menjaga jarak dan lain sebagainya,” tandasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan ANBK jenjang MTs akan dilaksanakan pada tanggal 4-7 Oktober, dan untuk tingkat MI akan dilakukan mulai dari 18 Oktober sampai 18 November 2021 mendatang. (ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy