Kuasa Hukum AKP: Sengketa Pertambangan Diselesaikan Jalur Hukum – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Kuasa Hukum AKP: Sengketa Pertambangan Diselesaikan Jalur Hukum

Prisky Riuzo Situru SH

KENDARIPOS.CO.ID– Saling klaim kepemilikan lahan tambang di Konawe Utara (Konut) oleh dua perusahaan pertambangan, kian memanas. Manajemen PT. Adhi Kartiko Pratama (AKP) membantah melakukan aktivitas penambangan ilegal, seperti yang dituding oleh Ketua Divisi Hukum dan HAM PDIP, Amir Faisal yang mendapat kuasa dari kader PDIP, Simon Takaendengan sebagai pemilik PT. Adi Kartiko Mandiri (AKM).

Kuasa Hukum PT. AKP, Prisky Riuzo Situru SH, meminta agar pihak yang terkait untuk tidak melakukan upaya penghentian aktivitas penambangan yang dilakukan kliennya. Sebab kliennya melakukan penambangan sesuai prosedur yang berlaku. Selain itu, ia mempersilahkan, agar pihak lain melakukan penyelesaian sengketa dengan menempuh jalur hukum, bukan cara-cara lain.

“Negara ini adalah negara hukum. Jadi segala persoalan yang ada, harus diselesaikan secara hukum,” katanya, kemarin. Soal putusan Mahkamah Agung (MA) Nomor 378K/Pid/2021, kata dia, itu tak berimplikasi pada batalnya Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT AKP di wilayah produksi tersebut. Putusan tersebut, kata dia, tentang pidana penipuan, yang terdakwanya adalah individu bukan korporasi. Apalagi, amar putusannya tidak memerintahkan adanya perubahan status IUP PT AKP.

Kata dia, kliennya berkomitmen menghargai segala putusan hukum yang ada. “Kami sebagai korporasi, bukan pihak yang berperkara pada kasus tersebut,” ungkapnya.

Ia menggariskan, berdasarkan undang-undang nomor 3 tahun 2020 tentang pertambangan mineral batu bara, segala keputusan terkait IUP sepenuhnya merupakan ranah Kementerian ESDM.

Selain itu, pada Pasal 119 UU tersebut ditegaskan bahwa syarat sebuah IUP yang dapat dicabut oleh Menteri jika pemegang IUP melakukan tindak pidana pertambangan, bukan tindak pidana umum. Ia mengapresiasi Polda Sultra yang telah melakukan penegakan hukum secara objektif dan profesional. Ia menepis tuduhan bahwa adanya “bekingan” dari oknum di Polda dalam menjaga wilayah IUP AKP.

“Kami yakin Polda akan terus berpihak kepada kebenaran formil dan materil,” jelasnya. (dan/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy