Kery : PT.OSS Membantu Pemerintah Mengatasi Masalah Pengangguran

–Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa Terima Kunker DPR RI di Morosi–

KENDARIPOS.CO.ID — Geliat industri di Kecamatan Morosi kabupaten Konawe mendapat atensi khusus dari pusat. Teranyar, anggota Komisi VII DPR RI melakukan kunjungan kerja (kunker) ke PT Obsidian Stainless Steel (OSS), Kamis (16/9). Kunker para legislator Senayan tersebut dipimpin Eddy Soeparno selaku ketua tim serta beberapa koleganya di Komisi VII, salah satunya Rusda Mahmud, anggota DPR RI dapil Sultra.
Di Morosi, anggota Komisi VII DPR RI melihat secara langsung proses produksi stainless steel yang dilakukan oleh PT OSS.

Kepada Eddy Soeparno dan anggota Komisi VII DPR RI lainnya, Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa menuturkan, di masa pandemi Covid-19, hampir sebagian besar perekonomian daerah ikut terdampak. Hanya saja, kehadiran pabrik smelter PT OSS dirasakan memiliki kontribusi besar dalam menopang anjloknya sektor ekonomi yang merosot.

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno (tengah, masker hitam), Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (tiga dari kanan) saat hendak meninjau

“Bahkan di masa pandemi, PT.OSS tetap merekrut karyawan lokal sehingga berperan penting dalam membantu pemerintah mengatasi masalah pengangguran di Konawe dan Sultra. Kawasan industri ini (PT OSS) benar-benar memiliki kontribusi besar. Tenaga kerja lokal kita banyak yang bekerja di sana. Tinggal skillnya saja yang terus kita akan tingkatkan,” ujar Bupati Kery di sela-sela kunker, kemarin.

Bupati Kery menambahkan kehadiran PT OSS di Konawe berdampak signifikan. Perusahaan asal Tiongkok itu mampu memangkas jumlah pengangguran dan angka kemiskinan di Konawe, bahkan Sultra dan Indonesia.

“Makanya, dengan hadirnya mega industri ini saya tidak ragu jika harus mengatakan kalau Konawe adalah masa depan Indonesia,” terang Bupati Konawe dua periode itu.

Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) DPW PAN Sultra itu mengapresiasi kunker rombongan anggota DPR RI tersebut. Menurutnya, hal itu menjadi bukti bahwa pemerintah pusat benar-benar menaruh perhatian serius dalam mengembangkan potensi-potensi SDA di otoritanya, khususnya dari sektor industri maupun pertambangan. “Ini suatu kebanggaan bagi kami. Mudah-mudahan kunjungan ini memberikan dampak positif bagi perkembangan PT OSS ke depan untuk kesejahteraan daerah dan masyarakat Sultra,” ujar Bupati Kery Saiful Konggoasa.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno mengatakan, kunker ke Konawe dilakukan guna melihat hilirisasi pengolahan turunan nikel khususnya stainless steel di PT OSS. alam hal ini produksi stainless steel. “Ini sebagai jalan yang baik. Kami melihat pengolahan nikel di PT OSS sudah dilakukan dari hulu hingga ke hilir dan menjadi produk stainless steel,” ujar Eddy Soeparno, Kamis (16/9).

Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional itu menyebut, dirinya saat ini juga menjabat sebagai Ketua Panitia Kerja (Panja) Ilegal Mining. Sehingga kedatangan dirinya kolega juga sekaligus melalukan pemantauan aktivitas penambangan di PT OSS. “Kami juga hadir untuk memantau dan mengklarifikasi keabsahan berita yang berkembang di luar. Kalau perlu tindaklanjut, kita akan tindaklanjuti kalau melalui Panja tersebut,” ungkap Eddy Soeparno.

Secara substansi, lanjut Eddy Soeparno, kedatangan anggota Komisi VII DPR RI ke Konawe yakni ingin melihat langsung proses produksi stainless steel yang dilakukan PT OSS. Harapannya, apa yang dilakukan PT OSS bisa menjadi contoh untuk daerah lain yang memiliki sumber daya alam (SDA) seperti halnya di Konawe. “Apa yang dilakukan PT OSS bisa menjadi contoh. Kita sudah bisa melakukan hilirisasi yang baik dalam pengolahan nikel,” tandas Eddy Soeparno.

Rombongan anggota Komisi VII DPR RI tersebut tiba di Bandara Halu Oleo sekira pukul 15.30 Wita dan disambut Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa, Ketua DPRD Sultra Abdurrahman Shaleh, Wakil Walikota Kendari Siska Karina Imran, Ketua DPRD Konawe Ardin. Dalam momen tersebut, Eddy Soeparno yang juga Wakil Ketua Komisi VII DPR RI dan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa tampak “mesra” dihadapan khalayak saat berada di VVIP Room Bandara Halu Oleo Kendari. Bahkan saat hendak beranjak menuju kompleks PT. OSS, Eddy Soeparno memilih naik di mobil dinas Bupati Kery bernopol DT 1 A. (adi/b)

Eddy Soeparno : Pengolahan Nikel PT. OSS Dari Hulu hingga Hilir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *