HUMAS KEMENAG SULTRA FOR KENDARI POS
Salah satu siswa MTs di Kota Kendari yang sedang mengikuti lomba KSM tingkat kabupaten/kota.

Siap Helat Lomba KSM Online

KENDARIPOS.CO.ID– Setelah menyelenggar­akan kompetisi tingkat Ka­bupaten/Kota, Kemente­rian Agama (Kemenang) Sultra akan menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat provinsi, mulai tanggal 18 sampai 20 September. Lomba terse­but, berdasarkan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kemenag RI.

Kabid Pembinaan Pen­didikan Madrasah, Muh. Saleh, M.Pd.I., mengatakan lomba KSM merupakan ajang tahunan yang dilak­sanakan seluruh madras­ah, mulai dari tingkat ka­bupaten sampai nasional.

“Insya Allah pertenga­han September ini kita akan adakan KSM tingkat provinsi. Sebelumnya kita sudah laksanakan KSM tingkat kota. Kegiatan ino sebagai wujud nyata Ke­menterian Agama dalam memacu peningkatan kompetensi akademik dari siswa dengan menggelar kompetisi sains dari ber­bagai tingkatan,” ungkap Muh. Saleh, kemarin

Mengingat masih dalam situasi pandemi, KSM akan dilakukan secara online. Kebijakan ini dilakukan un­tuk mengantisipas adanya penyebaran Covid 19 kare­na bisa dipastikan peser­tanya akan membludak.

Persiapan pelaksanaan KSM sudah optimal seh­ingga madrasah diimbau memilih tempat pelak­sanaan yang kualitas jar­ingannya memadai. Ada beberapa tempat yang memang kondisi jaringan internetnya tidak baik se­hingga akan berdampak pada tampilan peserta. “Saya sarankan mulai dari sekarang bisa mencari tem­pat, entah di kantor Keme­nag Kota atau di tempat lain yang kondisi internet­nya baik,” paparnya.

Adapun kategori lomba, setiap jenjang memiliki tingkatan yang berbeda, terutama jumlah lomba yang akan diikuti. “Untuk tingkat MI ada Matema­tika terintegrasi dan IPA Terintegrasi. Untuk MTs Matematika terintegrasi, IPA Terpadu terintegrasi dan IPS terpadu terinte­grasi. Dan tingkat MA ada Matematika terintegrasi, Biologi terintegrasi, Fisika terintegrasi, Kimia terinte­grasi, Ekonomi terintegrasi, dan Geografi terintegrasi,” tandasnya. 

Untuk diketahui, jum­lah peserta yang akan ikut di KSM tingkat Provinsi, sekitar 400 lebih. Dimana setiap jenjang diwakili 3 sekolah, baik dari jenjang MI sampai MA di setiap kabupaten/kota. Adapun pengumuman lomba akan dilakukan tanggal 25 Sep­tember. Dimana peme­nang dari tingkat provinsi akan mewakili Sultra di KSM Nasional yang akan digelar pada bulan Okto­ber mendatang. (Ilw/b)