Kebut Pemulihan Ekonomi, Pemkot Kendari Target Belanja Rp 1,6 Triliun – Kendari Pos
Metro Kendari

Kebut Pemulihan Ekonomi, Pemkot Kendari Target Belanja Rp 1,6 Triliun


KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Covid-19 belum hengkang dari bumi Sultra. Kedatangannya setahun lalu hingga kini berdampak besar terhadap seluruh sektor kehidupan masyarakat. Terpaan pandemi Covid-19 menghantam perekonomian daerah. Beragam kebijakan yang bersifat stimulan diluncurkan pemerintah pusat dan daerah untuk mengatasi dan memulihkan ekonomi daerah.

Pemkot Kendari dalam komando Wali Kota Sulkarnain Kadir tak pernah lelah mengatasi pandemi Covid-19. Kebijakan pemulihan ekonomi daerah dan masyarakat gencar dilakukan Sulkarnain sejak tahun lalu hingga 2021 ini. Bahkan, kebijakan yang sama sudah disiapkan untuk tahun 2022.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir berkomitmen memulihkan ekonomi daerah. Pemkot mengusulkan belanja daerah sekira Rp1,6 triliun ke DPRD dalam postur APBD 2022 nanti. Wali Kota Sulkarnain Kadir mengatakan, alokasi belanja daerah nantinya akan diarahkan untuk memberikan efek besar bagi pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi.

Sulkarnain mencontohkan belanja daerah untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui program pelatihan masyarakat, peningkatan sarana dan prasarana infrastruktur untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, dan masih banyak lagi. “Tentu anggaran yang ada kita porsikan untuk belanja lainnya seperti belanja operasional, belanja modal, hingga penyiapan biaya tak terduga dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan mitigasi bencana,” kata Sulkarnain Kadir kepada Kendari Pos, kemarin.

Terpisah, Ketua DPRD Kota Kendari, Subhan mengaku pengajuan anggaran oleh pemkot telah mendapat persetujuan seluruh fraksi di DPRD dalam pembahasan anggaran antara tim badan anggaran (Banggar) DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Kendari dalam rangka menindaklanjuti hasil sidang paripurna Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS).

“Sudah kita sepakati, bahkan raperdanya kita sudah sepakati bersama. Saat ini dokumennya kita serahkan kembali ke Pemkot Kendari untuk dipastikan lagi dan terakhir kita akan paripurnakan. Saya harap dokumennya segera diserahkan lagi ke DPRD untuk diparipurnakan menjadi perda,” kata Subhan.

Pemerintah di tingkat pusat juga telah menyiapkan skenario pemulihan ekonomi. Salah satunya dengan peningkatan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR). KUR disalurkan melalui lembaga keuangan dengan pola penjaminan dan pembiayaannya bersumber dari dana perbankan atau lembaga keuangan yang merupakan Penyalur KUR.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong penyaluran KUR sebagai ikhtiar Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian dalam rangka untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Terlebih lagi, Kemenko Perekonomian sebagai Sekretariat Komite Kebijakan Pembiayaan bagi UMKM.

Untuk itu, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong pemerintah daerah (Pemda) dan Lembaga Penyalur KUR serta Penjamin KUR untuk turut mendukung penyaluran KUR. “Peningkatan aktivitas ekonomi tercermin dari peningkatan permintaan KUR,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, baru-baru ini.

Dana yang disediakan berupa dana keperluan modal kerja serta investasi yang disalurkan kepada pelaku UMKM individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau feasible namun belum bankable.

Program KUR dalam pelaksanaannya juga menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan daya tahan UMKM selama masa pandemi. Pencapaian realisasi KUR pada masa pandemi tahun 2020 tercatat sebesar Rp198,53 triliun atau lebih baik dibandingkan pada masa pra Covid-19 tahun 2019 yang sebesar Rp140,1 triliun. “Semoga KUR dapat membantu UMKM pada semua sektor usaha dalam mendorong pemulihan perekonomian daerah maupun nasional,” tutup Airlangga. (ags/b/dep3/fsr)

Anggaran Telah Disetujui Seluruh Fraksi di DPRD

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy