KENDARIPOS.CO.ID — Dr.Ruksamin duduk di periode kedua Bupati Konawe Utara (Konut). Bersama Wakil Bupati Konut Abuhaera, Dr.Ruksamin bergerak cepat menunaikan visi dan misi yang akan dilaksanakan perangkat daerah secara holistik dan terintegrasi, yakni mengawal Konawe Utara sejahtera dan berdaya saing. Misi itu sudah tertuang dalam RPJMD dan telah dibahas dalam Musrenbang Konut.

Bupati Konut Ruksamin mengatakan mencapai misi pembangunan Konawe Utara sejahtera dan berdaya saing, maka peran semua elemen sangat penting. Termasuk peran dan kontribusi media massa. Salah satunya koran Harian Kendari Pos. Hal itu diungkapkan Bupati Konut Ruksamin saat berdiskusi ringan dengan direksi Kendari Pos, Direktur Utama Irwan Zainuddin, dan Direktur La Ode Diada Nebansi serta Manajer Iklan Kendari Pos, Awal Nurjadin di salah satu hotel di Kota Kendari, Rabu (29/9) kemarin.

Bupati Konut, Dr.Ruksamin (tengah), Direktur Utama Kendari Pos, Irwan Zainuddin (dua dari kiri), Direktur Kendari Pos, La Ode Diada Nebansi (kiri) dan Manajer Iklan Kendari Pos, Awal Nurjadin (kanan) saat diskusi tentang pembangunan Konut dalam kendali Bupati Ruksamin di salah satu hotel di Kota Kendari, Rabu (29/9)

Bupati Ruksamin menjabarkan enam misi pembangunan dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Pertama, peningkatkan kualitas dan daya saing sumberdaya manusia. Kedua, meningkatkan ketersediaan infrastruktur dasar dan sarana prasarana kawasan permukiman.

Ketiga, mewujudkan keadilan sosial dan nilai tambah dalam pengelolaan sumberdaya alam guna meningkatkan daya saing ekonomi. Keempat, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan pelayanan publik yang prima. Kelima, meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana. “Dan terakhir yaitu membangun peradaban masyarakat yang bertumpu pada nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan lokal,” beber Ruksamin.

Bupati Konut dua periode itu menambahkan, untuk mewujudkan visi-misi Konut, maka dijabarkan kedalam tujuan dan sasaran yang dilengkapi dengan indikator tujuan dan sasaran. Hingga akhirnya akan diimplementasikan melalui program dan kegiatan pembangunan dengan indikator kinerja yang terukur.

Bupati Ruksamin menegaskan masyarakat Konut mengetahui capaian pembangunan yang digencarkannya, tentu tak lepas dari pemberitaan Kendari Pos. Untuk itu, sinergi Pemkab Konut dan Kendari Pos mesti padu dan teguh. Ruksamin mengapresiasi kehadiran Kendari Pos yang membantu Pemkab Konut dalam mewujudkan rencana aksi pengembangan sumber daya manusia (SDM).

“Publikasi kegiatan pemerintah daerah melalui Kendari Pos sangat positif. Informasinya dapat tersampaikan pada publik. Apa yang akan dan sudah dilakukan Pemkab Konut dapat tersosialisasikan pada khalayak,”kata Bupati Ruksamin kepada Dirut Kendari Pos, Irwan Zainuddin, kemarin.

Dia mengakui kiprah koran harian Kendari Pos di Sultra sangat berdampak positif bagi pembangunan daerah. Informasi-informasi yang disuguhkan, memiliki kekuatan pesan mencerdaskan dan mencerahkan masyarakat. Ketika usai membacanya, pasti ada ilmu yang diperoleh. Hal itu tidak lepas dari kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Kendari Pos.

Gayung bersambut. Keinginan Bupati Konut Ruksamin untuk meneguhkan sinergi dengan koran Kendari Pos disambut hangat Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin. Kendari Pos kata Dirut Irwan Zainuddin siap membantu dan mendukung program pembangunan daerah yang digencarkan Bupati Ruksamin demi tercapainya rencana aksi pengembangan SDM menuju Konut lebih sejahtera dan berdaya saing di Bumi Oheo. “Kami di Kendari Pos selalu terbuka untuk bersinergi dengan siapapun, termasuk pemda. Kami punya beragam rubrikasi yang menyajikan kegiatan pembangunan pemda,”kata Irwan Zainuddin.

Dirut Irwan Zainuddin menuturkan Kendari Pos memiliki beberapa platform media massa yang komplementer. Platform itu buah inovasi Kendari Pos yang bernama konvergensi media, yakni kendaripos.co.id, kendarinews.com, Update News, dan kanal youtube Kendari Pos Channel. “Platform itu menopang koran Kendari Pos sebagai core bisnis,” ungkapnya. (min/c)

Kendari Pos Mendukung Misi Pembangunan Bupati Ruksamin

KONASARA JILID II

Holistik dan Terintegrasi
-Usai dilantik Bupati Konut periode kedua, Dr.Ruksamin bergerak cepat
-Bersama Wabup Konut Abuhaera, Dr.Ruksamin tunaikan janji politik
-Janjinya adalah membangun Konut sejahtera dan berdaya saing
-Janji itu tertuang dalam visi misi pembangunan
-Bahkan telah dibahas dalam Musrenbang Konut
-Misi pembangunan dilaksanakan perangkat daerah secara holistik dan terintegrasi

Misi Pembangunan
-Peningkatkan kualitas dan daya saing SDM
-Meningkatkan ketersediaan infrastruktur dasar dan sarana prasarana permukiman
-Mewujudkan keadilan sosial dan nilai tambah dalam pengelolaan SDA guna meningkatkan daya saing ekonomi
-Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel dan pelayanan publik yang prima
-Meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan ketahanan bencana
-Membangun peradaban masyarakat yang bertumpu pada nilai-nilai keagamaan dan kebudayaan lokal

Indikator Daerah Sejahtera
-Menekankan peningkatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi
-Pendapatan perkapita tinggi dan terus bertumbuh
-Memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk bekerja dan berusaha
-Penurunan angka kemiskinan

Menggandeng Kendari Pos
-Peran media massa sangat penting untuk membangun Konut
-Bupati Ruksamin menyebut salah satunya media cetak Harian Kendari Pos
-Masyarakat mengetahui capaian pembangunan Konut dari Kendari Pos
-Bupati Ruksamin mengapresiasi kontribusi Kendari Pos
-Sinergi Pemkab Konut dan Kendari Pos diteguhkan
-Menurut Bupati Ruksamin publikasi Kendari Pos sangat positif
-Kegiatan Pemkab Konut tersosialisasikan ke masyarakat
-Kiprah Kendari Pos berdampak positif bagi pembangunan daerah
-Informasi yang disuguhkan, punya kekuatan pesan mencerdaskan

DATA DIOLAH KENDARI POS