Kasus Rabies Harus Jadi Perhatian ! – Kendari Pos
Kolaka

Kasus Rabies Harus Jadi Perhatian !

Ketua DPRD Kolaka, Syaifullah Halik

KENDARIPOS.CO.ID–Ketua DPRD Kolaka, Syaifullah Halik, angkat bicara terkait tingginya angka kasus gigitan hewan terjangkit rabies di daerah itu. Menurut Legislator Partai Gerindra tersebut, kasus rabies di Bumi Mekongga sudah harus menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab). “Sebab penyakit rabies ini salah satu penyakit yang mematikan,” desaknya, Minggu (26/9).

Syaifullah menyarankan Pemkab Kolaka melalui instansi terkait agar lebih maksimal dalam menangani kasus gigitan hewan tersangka rabies. Salah satunya dengan lebih maksimal memberikan informasi pada masyarakat terkait bahaya serta bagaiman penanganan penyakit tersebut. “Informasi ke masyarakat harus intens diberikan, terutama di tiga kecamatan yaitu Latambaga, Kolaka dan Pomalaa. Sebab tiga kecamatan tersebut merupakan wilayah yang paling banyak orang yang menjadi korban gigitan hewan tersangka rabies,” ujarnya.

Syaifullah juga mengimbau para pemilik hewan untuk memperhatikan peliharaannya terutama jenis anjing agar tidak menggigit warga yang melintas. “Kalau anjingnya galak, ya diikat. Jangan dibiarkan berkeliaran,” sarannya. Untuk diketehui, sesuai data dari Dinas Kesehatan Kolaka, kasus gigitan hewan tersangka rabies di Bumi Mekongga pada tahun 2021 hingga periode Agustus, tercatat 126 kasus. Sebagian besar atau 95 persen adalah gigitan anjing. Sisanya gigitan kucing dan monyet. Kecamatan yang paling banyak terjadi gigitan hewan rabies adalah Latambaga, Kolaka dan Pomalaa. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy