KENDARIPOS.CO.ID — Polisi Wanita (Polda) memiliki peran strategis dalam institusi Polri. Tidak hanya dalam menjalankan tupoksi Polri, namun juga pada penanganan covid-19. Di wilayah hukum Polda Sultra, Polwan intens membantu warga terdampak pandemi. Mulai dari penyaluran bantuan sosial (Bansos), Alat Pelindung Diri (APD), edukasi warga tentang pentingnya Protokol Kesehatan (Prokes) hingga menyukseskan program vaksinasi.

Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya mengatakan kontribusi Polwan tak bisa dinafikan termasuk dalam mendukung upaya penanganan pandemi Covid-19. Saat ini, profesionalisme Polwan dapat disejajarkan dengan polisi pria. “Terimakasih saya ucapkan kepada Polwan telah ikut mendorong dalam membantu pemerintah menghadapi pandemi covid-19,” kata Yan Sultra Indrajaya kemarin.

Kapolda Sultra, Irjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya

Di era globalisasi dan digitalisasi lanjut jenderal bintang dua ini, Polwan harus bisa menjaga eksistensi. Sebab tuntutan jaman mengharuskan Polwan bisa berperan di segala lini. Bukan hanya tugasnya sebagai pengayom masyarakat, namun juga sebagai kodratnya sebagai istri dan ibu bagi anak-anaknya.

“Saya berharap Polwan harus bangga dan berbahagia. Polwan harus komitmen menjaga citra Polri dengan menjaga etika dalam ucapan, perilaku dan perbuatan,” pesan Irjen Pol Drs Yan Sultra Indrajaya.

Polwan kini berusia ke 73. Pada tahun 2021, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)-nya mengusung tema ‘Transformasi Polri Yang Presisi, Polwan Siap Mendukung Percepatan Penanganan Covid-19 Untuk Masyarakat Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Menuju Indonesia Maju’. “Saya harap tema ini bukan hanya seremonial belaka. Namun harus diimplementasikan secara nyata,” harapnya. (c/ndi)