KUSDIN/KENDARI POS
BERLUMPUR : Akses jalan dari Rate-Rate, Kecamatan Tirwuta menuju Bendungan Ladongi mulai dibenahi jelang peresmian bendungan. Saat ini pengerjaan ruas jalan sudah dimulai dengan penghamparan material, bahkan dimusim hujan.


KENDARIPOS.CO.ID– Rencana peresmian mega proyek nasional Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), diagendakan pada tahun 2021 ini juga. Akses jalan dari Rate-Rate, Kecamatan Tirawuta menuju Ladongi mulai dibenahi untuk kepentingan peresmian infrastruktur vital tersebut. Saat ini pengerjaan ruas jalan dari Rate-Rate menuju Ladongi itu sudah dimulai dengan penghamparan material, bahkan dimusim hujan ini.

Pelaksana PT Manunggal Sarana Surya, Adi, sebagai rekanan yang mengerjakan proyek tersebut, menjelaskan, karena cuaca yang tidak menentu, pihaknya tak dapat menunggu waktu. “Kontrak kerja yang diberikan pada kami hanya selama 45 hari. Makanya dimaksimalkan,” kata Adi, kemarin. Anggaran yang digunakan sebesar Rp 8 miliar melalui APBN, meskipun berstatus jalan provinsi.

“Untuk pengaspalan enam kilometer, digunakan APBD melalui Balai Wilayah IV Jalan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Rencana akan kita aspal setebal 20 sentimeter mengunakan aspal hotmix. Sementara material menggunakan kelas A diambil dari pecahan batu Moramo,” jelas Adi. (c/kus)