,

KENDARIPOS.CO.ID — Setelah melewati beberapa tahapan, mulai dari pendaftaran sampai tahapan seleksi, akhiranya Universitas Mandala Waluya (UMW), resmi memiliki nakhoda baru, yaitu Dr. Ratna Umi Nurlila, S.Si.,M.Sc, yang terpilih secara resmi menjadi rektor menggantikan Dr.PH.Hj. Tasnim, M.PH . Hal ini ditandai dengan digelar acara pelantikan dan pengambilan sumpah Rektor Universitas Mandala Waluya Periode 2021-2025 yang dilakukan di Aula UMW Rabu (8/9/2021).

Dr.Ratna Umi Nurlila, S.Si,M.Sc, saat menerima penyerahan serah terima jabatan dari mantan Rektor UMW, Dr.PH.Hj. Tasnim, M.PH (kanan)

Ketua Badan Pengurus Yayasan, Tasman, M.Kes, mengatakan, pemilihan rektor UMW, itu sudah sesuai dengan jadwal akademik, dimana masa jabatan rektor lama berakhir pada 31 Agustus.Sehingga pemilihan rektor digelar sebelum berakhirnya masa jabatan rektor.

“Kita sudah mulai dari beberapa bulan yang lalu, dimana para anggota senat UMW membentuk tim seleksi, kemudian dibagikan kepada mereka yang memenuhi syarat, yang sudah disediakan berbagai formulir dan lainnya, yang nantinya akan diserahkan ke anggota senat, dan selanjutnya akan memilih siapa yang akan berkompetisi,” ungkap Tasman.

“Namun dalam pengembalian formulir, itu hanya ada satu orang saja yang menyetor berkas rekomendasi, yaitu Dr. Ratna, sedangkan rektor yang sebelumnya tidak mengembalikan formulir rekomendasi. Sehingga hanya ada satu pasangan calon, dan dalam rapat senat langsung dilakukan aklamasi, untuk memilih secara langsung Dr. Ratna sebagai rektor UMW yang baru,” jelasnya.

Menurutnya Dr. Ratna, sangat memenuhi kriteria untuk menjadi seorang rektor, meskipun pemilihannya dilakukan secara aklamasi, namun secara kualitas dan kuantitas sudah sangat memenuhi kriteria.

Tasman berharap, dibawah kepemimpinan Dr. Ratna, UMW bisa mengalami sebuah peningkatan atau kemajuan dari segala aspek. “Kita berharap, rektor yang baru bisa membawa sebuah perubahan yang baik, terutama dari segi peningkatan kualitas SDM. Serta mampu melahirkan generasi yang cerdas dan berkompeten,” ucapnya.

Sementara itu, Rektor UMW terpilih, Dr. Ratna Umi Nurlila, S.Si.,M.Sc, megungkapkan rasa syukur dan terima kasih, atas kesempatan dan amanah yang telah diberikan. Tentu dengan jabatan baru, pastinya banyak hal dan tantangan yang harus dilakukan kedepan.

“Terimakasih kepada seluruh sivitas akademika UMW, yang telah memberikan mandat dan amanah kepada saya untuk memimpin UMW empat tahun kedepan. Saya optimis bisa memberikan sebuah perubahan dan kemajuan bagi UMW di masa kepemimpinan saya, dengan tekad dan kerja keras Insya Allah saya mampu memberikan yang terbaik untuk UMW,” jelasnya.

Hal penting yang menjadi targetnya kedepan yakni mengenai peningkatan kelembagaan, yang akan menjadi fokus utama untuk dicapai.


Kemudian reakreditasi beberapa program studi menjadi sangat baik atau unggul, dan pembukaan prodi baru yaitu Apoteker dan S2 Keperawatan. “Program-program tersebut, Insya Allah akan saya lakukan.Tentu itu bukan sesuatu hal yang mudah, tapi saya optimis bisa melakukannya, karena saya yakin dengan tekad yang kuat, dan semangat yang tinggi, apapun bisa kita capai. Untuk itu saya mengajak, seluruh sivitas akademika, mari kita bersama-sama bekerja, untuk mewujudkan UMW yang unggul dan mampu bersaing baik itu di tingkat lokal, nasional dan bahkan internasional,” paparnya. (Ilw/adv)