Inspirasi Mansyur Mokuni, Ingin Seperti Sang Ayah – Kendari Pos
Edukasi

Inspirasi Mansyur Mokuni, Ingin Seperti Sang Ayah

KENDARIPOS.CO.ID — Mansyur Mokuni, S.Pd, M.Pd, berusia 48 tahun. Karier Mansyur sebagai pendidik terbilang moncer. Anak dari pasangan H. Alimin Mokuni dan Hj. Hamelia memulai pengabdian sebagai guru bantu tahun 1999 silam. Kini ia diberi amanah menjabat Kepala SMPN 3 Kendari, setelah memimpin tiga sekolah yang diawali sejak tahun 2013 lalu.

Dalam interval delapan tahun, Mansyur sudah memimpin empat SMP Negeri di Kota Kendari. Juga berpindah-pindah sebagai guru di enam sekolah. Mansyur mengaku tak pernah menuntut lebih sebagai guru, ia bekerja tulus dan ikhlas guna mencerdaskan anak bangsa. Pengalaman memimpin empat sekolah, membuat Mansyur menjadi panutan guruguru di Kendari. Karakter dan kepribadian, sosok pria kelahiran Kendari 23 Januari 1973 terbentuk dari heritage keluarga. Ia memilih profesi guru, lantaran ingin menjadi seperti sosok sang ayah, H. Alimin yang juga berprofesi sebagai guru.

Kepala SMPN 3 Kendari, Mansyur Mokuni, S.Pd, M.Pd, menerim
penghargaan juara dua lomba inovasi pendidikan teknologi.

Sementara sang ibu Hj. Hamelia, sebagai ibu rumah tangga. Mansyur mengaku latar belakang keluarganya membuat dirinya seperti saat ini. Dididikan keras dari keluarga, bernuansa pendidikan, yang menanamkan rasa empati terhadap sesama menjadi kunci sukses seorang Mansyur. “Menjadi sosok guru yang tegas dan penuh dedikasi tinggi, saya dapatkan oleh sosok sang ayah, dengan penuh semangat dan motivasi, yang tiada henti untuk mengabdi kepada bangsa, demi menciptakan generasi-generasi penerus. Nampaknya menjadi motivasi yang selalu saya emban sampai sekarang,” katanya.

Ia berprinsip bekerja keras, ikhlas, dan pantang menyerah. Itulah yang selalu diajarakan kedua orang tua, terutama sang ayah, yang terus memberikan ilmu, membimbing dan mengarahkan dengan sepenuh hati tanpa pamrih. Sehingga keteladanan menjadi sosok guru yang amanah sudah sangat terpatri dalam jiwa. Apa yang ia raih, katanya, semuanya berkat dorongan dan motivasi dari keluarga, yang dengan sepenuh hati membimbing dan mengarahkan untuk menjadi sosok, yang teladan dan bertanggungjawab penuh dengan apa yang dikerjakan. “Sangat bersyukur, dengan apa yang telah dialami selama ini. Proses belajar dengan didikan yang begitu baik diberikan kepada orang tua, membuahkan hasil yang manis. Akhirnya perjuangan dan harapan dari orang tua, untuk menjadi sosok guru yang teladan, bisa saya wujudkan,” bebernya.

Selama menjadi guru sekira 20 tahun, ia banyak belajar. Hal itu membuatnya tersadar, bila pengabdian memberikan ilmu kepada siswa dengan baik, harus dilakukan secara profesional dan maksimal. Setelah malang melintang menjadi guru di berbagai kabupeten, ia sadar bila seorang guru adalah sosok yang menjadi panutan siswa. Olehnya itu, Ia berperinsip tidak harus sepenuhnya mengajarkan pengetahuan.

Komitmen Lahirkan Generasi Berkualitas

Mansyur Makoni bertekad menciptakan sebuah perubahan di dunia pendidikan. Kepala SMPN 3 Kendari itu bermimpi melahirkan generasi- generasi intelektual yang berkualitas. Ia mengawali misi itu dengan mentransfer ilmu kepada siswa dengan pendidikan karakter. “Selain mengajarkan ilmu pengetahuan, juga saya selalu memberikan pendidikan karakter kepada mereka. Karena karakter adalah awal untuk membentuk seseorang akan menjadi seperti apa. Itulah yang saya rasakan sekarang, bagaimana ayah dan ibu membentuk karakter saya dengan sangat baik. Sehingga saya berperinsip, untuk bisa memberikan yang terbaik bagi para siswa,” katanya.

Untuk mewujudkan itu, ia menyatakan guru harus menjadi teladan yang baik bagi siswa. Karena apapun yang guru lakukan, tentunya akan menjadi panutan bagi mereka. “Ketika kita memberikan cinta yang baik, maka mereka akan mencontohnya, dan sebaliknya,” ungkapnya. Misalnya, mengajarkan siswa untuk tepat waktu, menjaga kebersihan, dan memberikan pengetahuan yang terbaik. Dengan selalu menjaga kedisplinan, dan juga ketekunan dalam menuntut ilmu, ia yakin akan membawa seseorang menuju jalan kesuksesan.

Selama menjadi seorang guru, ia berupaya agar bisa mendidik siswa-sisiwi dengan baik dan benar, mengajarkan ilmu pengetahuan dengan secara akuntabel dan tersistematis. Sehingga mereka mudah memahami secara cepat. “Tekad saya, akan terus berkarya memberikan yang terbaik, demi menciptakan generasi-generasi penerus yang cerdas, berkualitas, bermutu, dan berkarakter yang baik,” tandasnya. (ilw/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy