IKA Unhas di Sultra Komitmen Membangun Daerah – Kendari Pos
Sulawesi Tenggara

IKA Unhas di Sultra Komitmen Membangun Daerah

RAHMA SAFITRI / KENDARI POS
Ketua IKA Unhas Korwil Sultra 2021-2025, Asrun Lio (tengah) dan Ketua Dewan Penasehat, Lukman Abunawas (kiri) dikukuhkan Wakil Ketua Umum DPP IKA Unhas Pusat, Prof.Dr.dr.Idrus A.Paturusi (kanan) di Kota Kendari, baru-baru ini.


–Asrun Lio, Ketua IKA Unhas Korwil Sultra
–Lukman Abunawas Jadi Ketua Dewan Penasihat

KENDARIPOS.CO.ID– Kapasitas dan kualitas alumni Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar di Sultra tak diragukan lagi. Banyak alumni Unhas yang sukses dan memegang jabatan strategis. Ada yang menjadi pucuk pimpinan kembaga pemerintahan, bahkan pimpinan perusahaan sohor di Sultra. Sebut saja, Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio, dan Direktur Utama (Dirut) Kendari Pos, Irwan Zainuddin

Alumni Unhas di Sultra disatukan dalam lembaga bernama Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unhas Koordinator Wilayah (Korwil) Sultra. Adalah, Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio didapuk sebagai Ketua Umum IKA Unhas Korwil Sultra periode 2021-2025. Sedangkan Wagub Sultra Lukman Abunawas, sebagai Ketua Dewan Penasihat.

Akhir pekan kemarin, ketua, pengurus dan ketua dewan penasihat IKA Unhas Korwil Sultra dikukuhkan Ketua Umum DPP IKA Unhas Pusat, Dr.Drs. H.Muhammad Jusuf Kalla yang diwakilkan kepada Wakil Ketua Umum DPP IKA Unhas Pusat, Prof.Dr.dr.Idrus A Paturusi Sp B Sp OT (K).
Dua tokoh nasional alumni Unhas, yakni Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi RI, Prof.Aswanto menghadiri pengukuhan secara virtual.

Ketua Umum IKA Unhas Korwil Sultra, Asrun Lio berkomitmen untuk menjadikan lembaga tersebut sebagai wadah kolaborasi sesama alumni untuk kemajuan Unhas dan membangun daerah, Provinsi Sultra. “Sebagai pengurus baru, kami sangat mengharapkan arahan dari pimpinan IKA Unhas pusat dan Rektor Unhas. Semoga wadah ini bisa mewujudkan semangat kebersamaan dan kekeluargaan serta sarana berkolaborasi demi memberikan kontribusi terbaik untuk daerah dan negara,” ujar Asrun Lio.

Sementara itu, Ketua Dewan Penasihat IKA Unhas Korwil Sultra, Lukman Abunawas mengatakan bahwa bergabung dalam IKA Unhas, berarti bersedia untuk mengabdi dan menuntut ilmu tanpa batas. Dalam pengabdian tersebut, para alumni selalu menjunjung tinggi integritas. Ia juga berharap program-program yang dirancang bisa sejalan dengan program pemerintah khususnya di Sultra. Di antaranya, program Sultra Cerdas, Sultra Sehat, Sultra Beriman dan Berbudaya, Sultra Produktif, serta Sultra Peduli Kemiskinan. “Integritas harus dimiliki di manapun mengabdi. Mari kita senantiasa bersinergi dengan program pemerintah maupun internal Unhas,” tuturnya.

Wakil Ketua Umum DPP IKA Unhas Pusat, Prof.Idrus A Paturusi berpesan agar para alumni bisa membawa nama baik almamater di mana pun berada. Menurutnya, alumni dan almamater selalu memiliki hubungan erat. Keberhasilan alumni tidak terlepas dari peranan almamater. Begitupula kemajuan universitas yang membutuhkan sumbangsih alumni.

Unhas saat ini tercatat sebagai satu-satunya universitas di luar Pulau Jawa yang menyandang predikat world class university atau universitas kelas dunia. Maka alumni hendaknya memberikan kontribusi terbaik demi memajukan Unhas. “Track record sangat penting. Kerjalah dengan giat dan sungguh-sungguh. Kesempatan itu sama seperti air mengalir di sungai yang tidak bisa disentuh kembali. Gunakan kesempatan yang dimiliki untuk melakukan yang terbaik. Di tangan Asrun Lio, harapannya panji ini bisa dibawa kemana-mana dan komunikasi bisa terus berjalan,” ujar Prof. Idrus.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo berharap agar alumni Unhas andal menghadapi tantangan era yang ada termasuk di bidang pertanian. Alumni harus memberikan kontribusi nyata bagi kemajuan daerah dan bangsa. “Di manapun berada, alumni harus membawa iniovasi yang adaptif dengan perkembangan zaman,” tutur mantan Gubernur Sulsel itu.

Mewakili Rektor Unhas, Wakil Rektor III, Prof.Dr.drg.A Arsunan Arsin,M.Kes, menyampaikan universitas dan alumni mesti bersinergi demi kemajuan Unhas. “Kami berharap agar alumni Unhas terus berkarya di manapun berada, karena akan berdampak pada almamater Unhas itu sendiri, yang tentunya berorientasi pada kemajuan bangsa dan negara, ” harapnya. (uli/rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy