KENDARIPOS.CO.ID — Ajang Kompetensi Siswa (LKS) tingkat nasional jenjang SMK yang dilaksanakan pada Oktober mendatang, dihadapi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra dengan mengandeng berbagai industri. Hal ini bermaksud melatih siswa yang berhasil menjuarai LKS tingkat provinsi agar lebih siap menghadapi lomba yang sama di tingkat nasional. Kabid SMK Dikbud Sultra, La Ode Fasikin, mengungkapkan agar memperoleh hasil yang baik di tingkat nasional, tentunya harus dipersiapkan secara matang. Salah satunya dengan bimbingan dan pelatihan dengan melibatkan pihak profesional. “Kami mengajak beberapa pihak industri sesuai dengan jurusan yang akan diikuti oleh siswa.

Kabid SMK Dikbud Sultra, La Ode Fasikin, (kiri) saat memantau pelaksanaan LKS tingkat provinsi.

Dengan mengutamakan peningkatan skill dan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal sesuai bidang keilmuannya,” ungkap La Ode Fasikin, kemarin. Lanjut dia, pelatihan yang melibatkan industri dilaksanakan sekitar dua minggu dengan fokus pada peningkatan penguasaan materi dan praktikum. Ini mengingat dua hal tersebut akan dilombakan dalam LSK tingkat nasional. “Waktunya kurang lebih dua minggu. Itu sudah sangat cukup karena siswa kami sudah memiliki skill dan kemampuan dasar yang sudah sangat bagus dan berkompeten. Mereka hanya perlu lebih dilatih lagi untuk menguasai bidang keahliannya agar bisa memberikan hasil yang terbaik pada saat mengikuti lomba,” jelasnya.

Selain dibina oleh pihak industri, Dinas Dikbud Sultra juga akan memaksimalkan pelatihan dan bimbingan dari guru-guru. “Pastinya mereka juga mendapatkan pembinaan yang lebih dari para guru, karena bagaimanapun merekalah yang lebih mengenal dan mengetahui kemampuan siswanya. Apa yang dibutuhkan dan apa yang perlu diajarakan,” paparnya. Ia juga berharap dengan berbagai persiapan yang dilakukan, para siswa bisa meraih hasil yang maksimal, tentu dengan segala kemampuannya. “Semoga para siswa bisa meraih juara ditingkat nasional, karena beberapa tahun terakhir ini Sultra belum menorehkan prestasi yang lebih di ajang ini. Kami berharap, mereka mampu meraih hasil terbaik,” tandas Fasikin. (ilw/b)