KENDARIPOS.CO.ID — Dalam mensukseskan program Keluarga Berencana (KB) di Kota Lulo, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kendari dibantu oleh sejumlah petugas dilapangan (kader) baik PPKBD(Pembantu Pembina Keluarga Berencana Daerah) yang ada di Kelurahan maupun kader Sub PPKB ditingkat RT/RW. Melihat perannya yang cukup sentral, DP2KB berencana menggelar Temu Kader, Pertemuan itu diharapkan bisa mendorong kinerja dan menyerap aspirasi kader lini lapangan.

Kepala DP2KB Kendari Jahudding mengatakan, temu kader dilaksanakan dalam rangka menyatuan persepsi sekaligus penguatan terhadap kader lini lapangan yang tersebar diseluruh wilayah Kota Kendari yang saat ini jumlahnya sekira 430 orang.

” Kami akan memberikan penguatan tentang apa yang menjadi target kita kedepan. Misalnya salah satunya bagaimana kita meningkatkan kesertaan KB di Kota Kendari, untuk memberikan motivasi bagi kader lini lapangan, kami berupaya menghadirkan Kepala BKKBN Perwakilan Sultra dan Bapak Wali Kota Kendari,” ungkap Jahudding, kemarin.

Rencannya, kegiatan akan dilaksanakan pada pertengahan September ini. Pelaksanaannya tetap mengacu pada protokol kesehatan (prokes) seperti setiap peserta diwajibkan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (Physical Distancing).

Kabid Dalduk, Penyuluhan dan Penyelenggaraan DP2KB Arniaty menambahkan, edukasi sekaligus penguatan terhadap kader PPKBD penting dilakukan mengingat perannya yang sangat vital sebagai ujung tombak dalam mensukseskan program KB di Kendari. “Selain diedukasi, pada pertemuan itu juga kami akan mendengarkan aspirasi mereka, apa yang menjadi kendala dilapangan saat bertugas sehingga bisa dicarikan solusinya,” kata Aniaty.

Terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyambut baik rencana temu kader PPKBD yang bakal digelar DP2KB. Ia berjanji bakal memberikan support kepada kader yang selama ini berjibaku dilapangan meskipun dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

“Tentu kita apresiasi apa yang sudah dilakukan. Pemerintah tidak akan tinggal diam. Kami akan upayakan. Saya minta teman-teman penyuluh (PPKBD) tetap bersabar dan tetap semangat dalam melaksanakn tugas. Saya harap pelaksanaannya nanti tetap mematuhi prokes,” kata Sulkarnain Kadir. (ags)