Gangguan Jaringan tak Pengaruhi Nilai SKD – Kendari Pos
Kolaka Utara

Gangguan Jaringan tak Pengaruhi Nilai SKD

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
Kabid Pengadaan, Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan pada BKPSDM Kolut, Rusnayani (kanan) saat melakukan pengawasan di pintu masuk ruangan pelaksanaan SKD CPNS.

KENDARIPOS.CO.ID– Gangguan koneksi jaringan internet, mewarnai dua hari pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK) non guru di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut). Tes sempat terhenti dan diundur hingga enam jam.

Kabid Pengadaan, Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kolut, Rusnayani, menjelaskan, gangguan jaringan pada saat tes berlangsung tidak mempengaruhi nilai peserta. Apa yang telah dijawab, tetap terekam dan dilanjutkan pada saat jaringan kembali normal. “Sempat berjalan 20 menit dan dihentikan. Tidak apa masalah selagi peserta hadir dan melanjutkannya,” ujar Rusnayani, Kamis (23/9).

Kapasitas jaringan sebelumnya yang tersedia hanya 12 Mbps dan telah ditingkatkan menjadi 100 Mbps. Setelah jaringan drop selama dua hari, BKPSDM Kolut tidak melakukan penundaan jadwal karena SDK pun berlangsung hingga pukul 21.00 Wita. “BKN membolehkan tes hingga pukul 24.00 Wita, selagi peserta bersedia,” sambungnya. SKD telah melalui sembilan sesi dan diikuti 2.797 peserta, termasuk PPPK non guru. Tahun ini peserta lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 2.179 orang. Tiap hari SKD dibagi tiga sesi, masing-masing 540 orang setiap gelombang.

SDK CPNS akan berakhir 26 September dan berlanjut tes PPPK esok harinya. BKPSD tidak menampilkan monitor live skor hasil tes peserta secara langsung dengan alasan menghindari kerumunan. Meski demikian, mereka bisa memantau skor masing-masing via laman facebook BKPSDM yang diunggah. “Bukan karena jaringan, tetapi menghindari kerumunan dan itu juga anjuran BKN. Live skor tetap berjalan,” papar Rusnayani.

Pihaknya juga memastikan tidak ada kendala jaringan listrik PLN karena telah melayangkan tembusan surat sebelumnya serta telah menyiapkan genset sebagai langkah antisipasi. BKPSDM menggunakan satu ruangan untuk peserta umum dan dua ruang tambahan berupa hot room dan covid room. Total komputer yang disediakan sebanyak 170 unit dan semuanya difungsikan dalam setiap sesi pelaksanaan. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy