Muhammad Ilwanto/Kendari Pos
Foto bersama dosen, dan staf Fakultas Kedokteran UHO, sesuai melakukan penanaman pohon di lingkungan FK, beberapa waktu lalu.

-Sambut Dies Natalis ke 10 Tahun

KENDARIPOS.CO.ID– Dalam rangka menyambut Dies Natalis ke-10 tahun pada tanggal 30 September, Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo (FK UHO) menggelar pekan penghijauan di sekitar fakultas yang dipimpin Dr.dr.Juminten, Sp., OG., beberapa waktu lalu. Sebelumnya, FK melaksanakan
Pekan Ilmiah tanggal 3 September lalu.

Saat ditemui, Dekan FK UHO, Dr.dr. Juminten, Sp.OG, mengatakan pihaknya selalu mengadakan berbagai kegiatan untuk menyambut HUT FK. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk syukur dan terus merawat kebersamaan dan kekompakan diintern FK, mulai dari dosen, staf, dan mahasiswa.

“Sebenarnya setiap perayaan Dies Natalis, kami selalu melakukan empat kegiatan rutin, yaitu Pekan Olahraga, Pekan Sosial, Pekan Ilmiah dan Pekan Penghijauan. Hanya saja pandemi clCovid-19 masih berlangsung sehingga kita cukup mengadakan dua kegiatan saja. Bahkan di tahun lalu, sama sekali tidak melakukan perayaan HUT FK, akibat kondisi virus Corona yang saat itu mencapai puncaknya,” ungkap Juminten.

Pekan Penghijauan merupakan kegiatan yang hampir tiap tahun digelar. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan keindahan dan kesejukan, di lingkup FK sendiri. Dengan banyaknya pohon di sekitar lingkungan akan membuat iklim yang memyejukan, nyaman dan indah.

“Selain itu, Pekan Penghijauan dilakukan untuk mendukung dan mengakses kan program univeritas yaitu Go Green Campus. Karena itu menjadi visi mini yang ingin sekali dilakukan oleh Rektor UHO. Sehingga setiap tahunnya kita selalu mengadakan kegiatan penanaman pohon, yang mana itu akan banyak memberikan kita manfaat dari banyak hal,” jelasnya.

Adapun jenis pohon yang ditanam, seperti tanjung, glodokan tiang dan mahoni serta beberapa tanaman bunga yang ditanam oleh para Mahasiswa Baru (Maba) di kawasan rumah sakit UHO beberapa waktu lalu.

“Kita menanam 380 pohon di lingkungan FK, terbagi pohon tanjung sebanyak 130, glodokan tiang 130, dan mahoni 120 pohon. Maba melakukan penanaman bunga, karena memang setiap tahunnya kami mengajak mereka untuk melakukan hal serupa. Tahun ini, tercatat 135 Maba kita melakukan penanaman bunga,” beber Juminten.

Sebenarnya, FK UHO telah programkan penanaman pohon di luar lingkungan kampus. ada agenda tahun ini, kita semisal menanam pohon bakau ingin menanam pohon di luar lingkungan . Namun, pandemi Covid masih terjadi dan pemberlakukan PPKM sehingga program tersebut ditunda. “Insya Allah tajun depan bisa kita wujudkan, menaman pohon di luar kampus,” tutup Juminten. (ilw/b)