FHIL FOR KENDARI POS
Suasana penerimaan mahasiswa baru angkatan 2021 di Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk Silaturahmi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru).

KENDARIPOS.CO.ID– Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Universitas Halu Oleo (UHO) melaksanakan penerimaan mahasiswa baru (maba) angkatan 2021 secara virtual, Sabtu (11/9) lalu. Kegiatan itu sebagai kelanjutan dari proses penerimaan maba yang telah dilakukan di tingkat universitas.

Dekan FHIL, Prof. Dr. Ir. Aminuddin Mane Kandari, M.Si mengatakan, penerimaan mahasiswa baru kali ini dilaksanakan dalam suasana dalam bentuk Silaturalhmi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) dengan melibatkan semua pimpinan lembaga kemahasiswaan baik tingkat fakultas (BEM) maupun tingkat jurusan (HMJ). 

Kegiatan Sipenmaru lingkup FHIL dipimpin langsung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Sahindomi Bana, S.P., M.Si yang dihadiri unsur pimpinan lingkup fakultas, jurusan, serta dosen dan tenaga kependidikan FHIL. 

Dr. Sahindomi meminta agar para maba mempelajari dan melaksanakan aturan yang telah dijelaskan dalam peraturan Rektor maupun dalam pedoman akademik FHIL UHO agar dapat melaksanakan perkuliahan dengan lancar dan baik.

“Selamat datang para maba. Bila dalam perkuliahan ada hal yang tidak dipahami tentang kemahasiswaan, atau ada kegitan-kegiatan senior kepada adik-adik yang tidak dimengerti, jangan ragu untuk bertanya kepada semua unsur pimpinan fakultas, jurusan, dan para pengurus lembaga kemahasiswaan. Semuanya akan memberikan respon sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Sementara itu, Dekan FHIL UHO, Prof. Aminuddin yang juga mantan Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Faperta mengatakan bahwa dalam setiap kegiatan, FHIL mengedepankan silaturahmi.  

“Karena dengan silaturahmi, yang berat menjadi ringan dan yang ringan tambah ringan. Ini sesuai motto FHIL yakni Bersama Kita Bisa Dari Kita Untuk Semua,” tuturnya.

Ketua Komhindo itu juga mengajak semua maba termasuk para ketua lembaga kemahasiswaan dan unsur pimpinan yang hadir untuk bersama-sama memajukan FHIL sesuai tupoksi masing-masing. Jika FHIL maju, semua mahasiswa khususnya maba akan mendapatkan pelayanan akademik yang baik sehingga nantinya menjadi lulusan yang bisa bersaing di tingkat nasional bahkan di Asia Pasifik. 

“Hal ini sesuai visi FHIL yakni menjadi fakultas yang unggul di Asia Pasifik pada bidang kehutanan dan lingkungan berbasis restorasi ekologis di wilayah perdesaan, pesisir, dan pulau-pulau kecil secara berkelanjutan pada tahun 2045,” imbuhnya.

Lanjut Prof. Aminuddin, keluarga besar FHIL bersyukur dan menyambut baik kegiatan Sipenmaru lingkup FHIL tahun 2021. Melalui kegiatan tersebut, FHIL secara resmi melaksanakan penyambutan tambahan generasi pelanjut berjumlah 270 maba yang meliputi Jurusan Kehutanan 150 orang dan Jurusan Ilmu Lingkungan 120 orang. Mereka diterima melalui tiga mekanisme yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

Mahasiswa baru juga diajak untuk bersyukur atas keberhasilan menjadi mahasiswa di FHIL UHO dengan cara belajar secara tekun dan serius serta senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

“Banyak yang ingin masuk di FHIL namun kalianlah yang terpilih,” tutup Mantan Ketua Senat UHO tersebut. (uli/b)