FH Unilaki Berkibar di Pentas Nasional

Rektor Unilaki, Prof. Dr. Hj. Rostin, SE., M.Si. (baris pertama, tengah), Dekan FH Unilaki Dr Handrawan (baris pertama, enam dari kiri), foto bersama delegasi NMCC FH Unilaki, Rabu (22/9) serta para dosen. Tampak Ketua Dewan Pembina Yayasan Lakidende-Razak Porosi, Dra Hj Siti Aminah Razak (baris pertama, tujuh dari kanan).

FH Unilaki Berkibar di Pentas Nasional

KENDARIPOS.CO.ID– Meski baru seumur jagung, Komunitas Peradilan Semu (KPS) Fakultas Hukum (FH) Universitas Lakidende (Unilaki) sudah menunjukkan taring di pentas nasional. Berkat tangan dingin Dr. Handrawan, selaku Dekan FH Unilaki, mahasiswa didikannya sukses mengharumkan nama kampus di ajang National Moot Court Competition (NMCC) tingkat nasional yang diselenggarakan di Universitas Halu Oleo (UHO) belum lama ini. Pada event yang juga diikuti beberapa kampus top se-Indonesia tersebut, delegasi FH Unilaki mendapatkan juara satu tingkat nasional kategori perorangan yakni panitera terbaik, serta juara harapan I untuk tim delegasi.

Dekan FH Unilaki Dr. Handrawan mengatakan, KPS FH Unilaki sejatinya baru terbentuk setahun lalu dan baru pertama kali mengambil bagian dalam event NMCC tingkat nasional. Ia menerangkan, delegasi FH Unilaki yang diutus pada ajang tersebut berjumlah 20 mahasiswa yang memiliki peran masing-masing. Tiga mahasiswa berperan sebagai hakim, dua penasihat hukum, dua Jaksa Penuntut Umum (JPU), dua ahli terdiri dari ahli penasihat hukum maupun dari JPU, panitera, juru sumpah, sipir, serta sebagiannya para saksi yang mengambil peran berdasarkan kasus yang diberikan oleh penyelenggara.

“Dalam kegiatan NMCC tingkat nasional itu, jurinya merupakan orang-orang kompeten. Ada praktisi, hakim, jaksa, penasihat hukum serta akademisi. Dan Alhamdulillah kita bisa mendapat juara. Padahal event itu juga diikuti beberapa perguruan tinggi dari Pulau Jawa, seperti Universitas Veteran dan Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an. Ada pula utusan dari Maluku, Universitas Pattimura (Unpatti). Dari Sultra itu, delegasi Universitas 19 November (USN) Kolaka juga ikut,” ujar Dr Handrawan, Rabu (22/9) kepada Kendari Pos.

Dr. Handrawan menuturkan, 20 mahasiswa delegasi FH Unilaki pada ajang NMCC tingkat nasional tersebut berasal dari berbagai tingkatan angkatan. Mulai dari angkatan 2018, 2019, yang mana tujuh diantaranya merupakan mahasiswa angkatan tahun 2020. Delegasi FH Unilaki yang mendapatkan juara satu tingkat nasional kategori perorangan yakni panitera terbaik, lanjutnya, bahkan baru berstatus mahasiswa semester II yang menempuh studi di perguruan tinggi swasta (PTS) terbesar di Konawe itu. Baginya, itu menunjukkan bahwa generasi muda Konawe punya potensi besar dalam sebuah event-event NMCC kedepannya.

“Yang selanjutnya, kegiatan-kegiatan KPS FH Unilaki ini akan terus berlanjut. Jadi ada sistem pengkaderannya sejak semester I. Alhamdulillah Rektor Prof. Dr.Hj. Rostin, SE.,MS., selalu memberikan support baik secara moril maupun finansial dalam hal pengembangan kemampuan mahasiswa FH Unilaki khususnya dibidang peradilan. Rektor bersama Ketua Dewan Pembina Dra. Hj. Siti Aminah Razak Porosi selalu memberi dukungan luar biasa. Bahkan ada uang pembinaan yang beliau berikan bagi mahasiswa KPS FH Unilaki,” ungkap Dr. Handrawan.

Mantan Ketua BEM FH UHO itu berharap, mahasiswa FH Unilaki bisa terus mengikuti event positif yang dilakukan dalam rangka pengembangan pengetahuan mahasiswa khususnya dibidang peradilan. Sebab menurutnya, pengetahuan hukum itu tidak hanya diperoleh melalui proses tatap muka perkuliahan, melainkan juga kegiatan-kegiatan transfer teori melalui praktik guna mengasah kemampuan mahasiswa.

“Dan itu juga akan menjadi bekal mahasiswa kedepan setelah selesai kuliah. Mereka tidak akan lagi canggung atau aneh terhadap kegiatan-kegiatan peradilan karena memang sudah diajarkan sejak dibangku perkuliahan,” yakinnya.

Sementara itu Rektor Unilaki Prof DR Hj Rostin SE MS sangat mengapresiasi capaian yang ditorehkan mahasiswanya terkhusus delegasi KPS FH Unilaki yang sudah mengharumkan nama almamater diajang NMCC tingkat nasional. Hal ini menjadi spirit bagi pihak kampus untuk terus mengembangkan segala potensi yang dimiliki mahasiswa Unilaki.

“Kita patut berbangga mahasiswa FH Unilaki bisa juara. Apalagi ini event nasional. Itu sangat luar biasa, artinya anak-anak kita tidak kalah hebat dengan mahasiswa dari Jawa dan sebagainya. Saya yakin kedepan Unilaki akan menjadi pusat intelektual bagi anak-anak di Konawe,” ujar mantan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UHO tersebut. (adi/b)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *