Sekab Bombana, Man Arfa (tengah) memimpin rapat yang dihadiri pimpinan OPD Pemkab Bombana, kemarin

-Gaungkan Keindahan Kabaena

KENDARIPOS.CO.ID–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana terus melakukan promosi potensi destinasi wisata. Daerah otoritas H. Tafdil itu akan menggelar Festival Budaya Tangkeno, 25 September mendatang di Pulau Kabaena.

Sekretaris Kahupaten Bombana, Man Arfah mengungkapkan Festival Tangkeno merupakan salah satu cara Pemkab Bombana mempromosikan berbagai destinasi wisata yang ada di Pulau Kabaena. Diharapkan, melalui ajang ini, keindahan yang dimiliki Pulau Kabaena, baik alam maupun budayanya tidak hanya dikenal oleh warga lokal saja, tetapi juga bisa dinikmati oleh masyarakat luar.

“Selain Festival budaya Tangkeno, pada tanggal 25, kita juga mengeksplore Pulau Kabaena melalui touring bersama para pecinta motor yang ada di Bombana maupun luar Bombana,” jelasnya Kendari Pos.

Lanjut dia, para pecinta motor ini nantinya bakal menjelajahi alam Kabena. Mengeksplore hutan belantara hingga memasuki beberapa perkampungan warga. Selain itu, disela-sela pelaksanaan touring jelajah alam Kabaena ini juga bakal disertai dengan kegiatan pemberian Bantuan Sosial (Bansos) berupa sembako untuk masyarakat Kabaena.

“Selain memperkenalkan alam Kabaena. Touring ini juga menjadi kesempatan kita melihat sejauh mana pelestarian alam yang ada di didaerah itu. Termasuk, hal-hal apa saja yang harus dilakukan Pemkab Bombana dalam menjaga atau melestarikan keindahan alam Kabaena,” terang mantan Kepala Inspektorat Bombana ini.

Melalui festival ini, keindahan yang dimiliki Kabena, bisa turut serta dirasakan oleh lebih banyak orang. Untuk itu, pengembangan pariwisata di Bombana khusunya, Kabaena terus dilakukan, dengan melirik pengunjung wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang di Bombana.

“Festival Tangekeno telah menjadi agenda rutin kami. Berbagai macam pertunjukan bakal ditampilkan, tentu dengan mengedepankan Protokol Kesehatan Covid-19 dengan sangat ketat,”pungkasnya. (idh/b)