KENDARIPOS.CO.ID– Universitas Halu Oleo (UHO) kembali menorehkan prestasi membanggakan. Kali ini datang dari dua tim mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Kampus Hijau tersebut, dinyatakan lolos seleksi tahap pertama PAN Indonesia E-Mootcourt Competition (PIMC) 2021.

PIMC atau Kompetisi Daring Peradilan Semu 2021 tingkat nasional ini, diikuti 49 tim dari berbagai FH hukum di tanah air. “Alhamdulillah, dua tim FH sekaligus bisa lolos 20 besar di tahap awal. Ini luar biasa. Tentu harapannya kedua tim bisa membanggakan universitas dan Sultra pada umumnya,” ungkap Dekan FH UHO, Dr. Herman, S.H., LL.M., kemarin.

Meski baru lolos di tahap awal, menurut Herman, kerja keras mahasiswa untuk masuk dalam seleksi awal sudah merupakan sebuah prestasi. Namun, dirinya berharap kompetisi yang digelar Universitas Airlangga Surabaya ini, dapat menjadi media bagi mahasiswa untuk unjuk kemampuan di bidangnya. Ajang ini sekaligus sebagai wadah pengembangan kemampuan berargumentasi hukum dalam forum dan suasana peradilan.

Tentu saja, menjadi yang terbaik bukan perkara sulit bagi dua tim FH. Sebelumnya, mahasiswa FH sudah banyak.yang menorehkan prestasi lokal, regional dan nasional. Keberhasilan yang ditorehkan mahasiswa FH, tak lepas dari dukungan berbagai pihak. Para pembimbing, dan tentunya Rektor UHO yang senantiasa memberikan support pada kegiatan mahasiswa.

“Untuk partisipasi mahasiswa dalam uji kompetensi, FH tak kalah dengan kampus unggulan dintanah air. Kita pernah juara 2 di Udayana, juara I debat mahasiswa di Unhas, juara IV di Yogya. Apa yang ditorehkan mahasiswa menjadi parameter, FH sudah sesuai target. Hanya apa yamg diraih tidak harus bsrpuas diri, tetap berbuat yang terbaik,” terang alumni Program Doktor Unair ini.

Saat ini, FH UHO yang mengantongi akreditasi A yengah dalam proses akreditasi unggul. Berbagai persiapan untuk mewunudkan hal itu, terus dioptimalkan. Termasuk rencana pembukaan Program Doktor Ilmu Hukum. (lia)