DPRD Usul Pembangunan Jembatan di Jalur Pincara – Kendari Pos
Konawe

DPRD Usul Pembangunan Jembatan di Jalur Pincara

H. Ardin,

KENDARIPOS.CO.ID– Insiden tenggelamnya satu unit mobil pada jalur penyeberangan pincara di Desa Lalonggaluku, Kecamatan Bondoala, mulai mengundang reaksi. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konawe, H. Ardin, memastikan, dalam waktu dekat pihaknya segera mengusulkan rencana pembangunan jembatan di atas bentangan sisi sungai Konaweha tersebut.

“Saya pribadi belum tahu berapa panjang bentangan sungai yang dilalui perahu pincara itu. Tapi kita akan sampaikan ke Pemerintah Kabupaten. Kalau memang bisa dan menjadi prioritas, kenapa tidak (dibangunkan jembatan),” ujar H. Ardin, kemarin. Politikus PAN Konawe itu menuturkan, pembuatan jembatan di jalur penyeberangan pincara tersebut pasti membutuhkan biaya tidak sedikit.

Segala aspek harus diperhitungkan secara matang. Selain itu pula, lanjut Ardin, dalam perencanaan apapun mesti ada perhitungan teknis dari pihak berkompeten terkait manajemen risiko. Sama halnya, apabila jembatan penyeberangan itu hendak dibangun.

“Dan itu domain teman-teman di Bagian Perencanaan Daerah. Tidak boleh dianggap sepele insiden kemarin. Karena apapun aktivitas usaha pincara itu harus memerhatikan unsur keselamatan,” ungkap Ardin.

Ia mengaku tak tahu pasti aktivitas usaha penyeberangan pincara yang menjadi akses alternatif warga menuju wilayah lingkar tambang di Kecamatan Morosi tersebut. Ardin malah baru mengetahui jika usaha penyewaan pincara itu ternyata tidak mengantongi izin Pemkab dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) Konawe.

Menurutnya, Dishub Konawe seharusnya lebih aktif memberikan sosialisasi menyangkut aspek keselamatan bagi pemilik usaha pincara maupun warga yang memanfaatkan moda transportasi alternatif tersebut

“Jangan nanti ada korban lagi baru bergerak. Saya juga mengimbau kalau memang kurang aman dan nyaman, jangan lewat pincara. Itukan bisa dikatakan jalur “tikus”. Masyarakat ingin cepat tapi abai dengan risikonya. Padahal sudah ada jalan resmi yang dibuat pemerintah. Apa susahnya kalau lewat darat saja,” sarannya. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy