Muhammad Ilwanto/Kendari Pos
Rektor UMK, Amir Mahmud, M.P., (kiri) dan Deputi Bisnis PT Pegadaian (Persero) Kendari, Gede Anom Sastrawan, berfoto bersama usai penandatanganan MoU kedua belah pihak, Jumat (17/9)

KENDARIPOS.CO.ID– Dalam upaya meningkatkan kualitas lembaga, Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) menjalin Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Pegadaian (Persero) Area Kendari, Jumat (17/9). Kemitraan ini ditandatangani Rektor UMK, Amir, Mahmud, M.P., dan Deputi Bisnis PT. T. Pegadaian (Persero) Kendari, Gede Anom Sastrawan.

Rektor UMK, Amir Mahmud, M.P., mengatakan kerja sama merupakan bentuk nyata universitas yang dipimpinnya dalam upaya melakukan pembenahan dan terobosan baru. Tentunya langkah ini diyakini dapat memberikan dampak positif untuk pengembangan UMK ke depannya.

“Dalam dua tahun terakhir mahasiswa kita telah melakukan magang di PT. Pegadaian, bahkan  sebelum kerja sama ini dilakukan. Hasilnya benar-benar sangat memuaskan sehingga kerja sama ini sangat perlu dilakukan agar bisa saling mendukung dalam hal positif, terutama dalam peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM),” ungkap Amir Mahmud, Jumat (17/9).

Melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),  mahasiswa dituntut untuk beraktivitas di luar kampus selama satu tahun. Iadi saat proses pemagangan tersebut nilainya akan dikonversi pada SKS  di semester tersebut.

“Mahasiswa harus betul-betul memanfaatkan peluang magang dengan baik. Karena di tempat itulah mereka akan lebih dilatih dalam memahami dan mengetahui proses atau sistem pekerjaan seperti apa. Proses pemagangan juga membentuk kompetensi mahasiswa sesuai bidang keahliannya. Untuk itu kita berharap, dengan MoU ini apa yang dibutuhkan UMK dan PT. Pengadaain itu bisa tercapai,” jelasnya.

Sementara itu, Deputi Bisnis PT. Pegadaian (Persero) Kendari,  Gede Anom Sastrawan, mengapresiasi kemitraan yang dibangun dengan UMK, sebagai salah satu universitas terbaik di Sultra. Tentunya bisa memberikan dampak yang baik bagi PT Pegadaian.

“Kerja sama ini merupakan sebuah langkah yang baik bagi pengembangan kedua lembaga. Kita berharap output yang diberikan akan jauh lebih besar, seperti yang kita inginkan,” tandasnya. (Ilw/b)