Mahmud Buburanda

KENDARIPOS.CO.ID– Sejumlah pejabat eselon II sebagai ujung tombak untuk menyukseskan pembangunan di Buton Utara (Butur) telah dilantik Bupati, M. Ridwan Zakariah, baru-baru ini. Salah satunya adalah Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Mahmud Buburanda. Tugas berat memantinya untuk menata infrastruktur di daerah tersebut.

“Saya diberi amanah membantu bupati membangun infrastruktur air bersih dan irigasi. Tapi yang utama atau program prioritas adalah pembenahan jalan. Kondisinya 70 persen rusak dan sangat berdampak pada waktu perjalanan dan biaya operasi kendaraan meningkat,” ujar Mahmud Buburanda, kemarin.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Butur itu berjanji akan bekerja ekstra da akan segera mengidentifikasi panjang jalan yang dalam kondisi baik, sedang dan buruk di daerah berjuluk Lipu Tinadeakono Sara tersebut. Kemudian, mengambil langkah-langkah penyusunan kebijakan untuk pembenahan sesuai kemampuan kondisi keuangan.

Mantan Plt Kadis Pekerjaan Umum Kota Kendari itu menegaskan, pembangunan jalan nantinya akan mengutamakan kualitas, sesuai kontrak. Jika sudah sesuai spesifikasi dan kuantitasnya memenuhi volume, maka baru dilakukan realisasi pembayaran pada rekanan atau pihak ketiga.

Untuk meningkatkan pengawasan kinerja kontraktor, harus ada sinergitas seluruh pihak. Bukan hanya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Tapi juga konsultan, seluruh masyarakat dan media. Saya butuh dukungan bersama untuk melaksanakan pembangunan ini,” sambung Mahmud Buburanda.

Ia berharap mendapatkan informasi valid terkait kondisi dan kebijakan apa yang ditempuh untuk pembangunan jalan. “70 persen kondisi jalan di Buton Utara rusak. Ini kita upayakan bagaimana perbaikannya dengan kondisi keuangan yang ada. Karena terbatas jadi harus ditetapkan skala prioritasnya. Terkait, kondisi ruas jalan provinsi yang rusak, kita upayakan bagaimana pun caranya, sepanjang tidak melanggar hukum,” tandasnya. (c/had)