Suasana Bimtek Holistik Integratif di Aula Dikmudora Kota Kendari

KENDARIPOS.CO.ID– Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diikiti Kepala TK dan Kepala PAUD se-Kota Kendari. Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 14-16 September, di Aula Dikmudora Kendari.

Kadis Dikmudora Kendari, Makmur, M.Pd., mengatakan Bimtek dilakukan untuk meningkatkan skill dan kompe-tensi, khususnya bagi para kepala se-kolah, yang harus mendapatkan pem-binaan dengan baik agar bisa mengelola sekolah secara maksimal.

“Bagaimanapun tingkat TK dan PAUD merupakan masa penting dalam mem-bentuk karakter dan kepribadian anak. Kedua jenjang ini harus betul-betul dit-ingkatkan kualitasnya dari berbagai aspek,” ungkap Makmur, Kamis (16/9).

Peserta Bimtek menerima materi terkait cara mengelola sekolah dengan tersistematis dan secara holistik Integratif.
“Kita tekankan bagaimana mere-ka bisa mengelola sekolah secara menyeluruh. Dalam artian bahwa aspek pendidikan anak itu harus terpenuhi, mulai dari kognitif, afektif dan psikomotoriknya secara baik.

Termasuk secara integratif, dimana para pengambil kebijakan, pelaksa-na kebijakan harus betul-betul bisa memperhatikan kondisi dan aspek yang memang mendukung untuk pengembangan sekolah, dalam hal ini pemerintah pusat, daerah dan berbagai instansi terkait.

“Tentunya ini harus didukung semua pihak, berkerja bersama memberikan berbagai fasilitas yang dibutuhkan untuk mendukung peningkatan mutu sekolah jenjang TK dan PAUD. Karena meningkatkan mutu pendidikan tidak bisa dilakukan sendiri, tetapi harus didukung oleh berbagai aspek sehingga kita berharap semunya bisa turut andil dalam membangun peningkata mutu sekolah TK dan PAUD ini,” tambahnya.

Pelaksanaan Bimtek ini, kata dia, sepenuhnya dari anggaran APBN yang berasal dari Kemendikbud. “Alhamdulillah tahun ini, Kota Kendari mendapatkan bantuan dari pemerin-tah pusat, untuk menggelar Bimtek. Pasyinya bantuan yang diberikan oleh pemerintah, kita maksimal pemanfaatannya agar mutu pendidikan di Kendari bisa lebih maju dan unggul,” tandasnya.

Untuk diketahui, Bimtek diikuti oleh 100 kepala TK dan pengelolaan kelompok bermain se Kota Kendari. Kegiatan ini dilaksanakan secara lang-sung oleh tim fasilitator yang berpen-galaman mengikuti pelatihan Direktorat Pendidikan. (Ilw/c)