KENDARIPOS.CO.ID– Evaluasi terhadap kinerja para kepala sekolah (Kasek) pada jenjang TK, SD hingga SMP akan dilakukan pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe. Langkah tersebut untuk meningkatkan standar belajar dan mengajar pada setiap satuan tingkat pendidikan yang menjadi kewenangan Dikbud setempat.
Kepala Dinas (Kadis) Dikbud Konawe, Suriyadi, mengatakan, evaluasi terhadap para Kasek dilakukan menyusul banyaknya aduan masyarakat.

Dalam evaluasi itu, Dikbud Konawe akan melibatkan para pengawas dan penilik untuk mendapatkan informasi terkait kepala sekolah yang kinerjanya di bawah standar. “Akan dilakukan evaluasi dan diberikan pembinaan. Apabila pembinaan dan teguran sudah kami lakukan namun tak ada perbaikan, maka secara konstitusional kami akan mengajukan pergantian kepada pimpinan daerah di Konawe,” ujar Suriyadi, kemarin.

Ia menyebut, sebagai salah satu tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Dikbud Konawe, pihaknya tidak hanya akan melakukan evaluasi terhadap para kasek TK hingga SMP se-Konawe saja. Akan tetapi, evaluasi secara internal juga bakal dilakukan terhadap para pejabat maupun staf lingkup Dikbud. “Untuk rekan kerja di Dikbud Konawe, mulai dari Kepala Bidang (Kabid) sampai staf akan saya evaluasi,” tandas Suriyadi. (c/adi)