ELYN IPO/KENDARI POS
SIAR AGAMA : Pengukuhan Ketua Lasqi Kabupaten Buton, Delya La Bakry (kiri) bersama para pengurusnya oleh Ketua Lasqi Sultra, La Ode Mustari, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID–Delya Montolalu La Bakry kini mendapat amanah baru. Selain sebagai Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda), Delya juga didaulat menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Kabupaten Buton.

Istri Bupati Buton, La Bakry, tersebut, menerima mandat baru setelah dilantik resmi Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Lasqi Sulawesi Tenggara, La Ode Mustari di aula Rujab Bupati, Kamis (2/9).

Bupati Buton, La Bakry turut memberikan dukungan pada sang istri yang baru saja menambah wadah pengabdiannya dengan menjadi Ketua Lasqi. Menurutnya, Lasqi adalah lembaga penting karena bergerak di bidang keagamaan.

“Mudah-mudahan Lasqi ini bisa berbuat lebih dari sebelumnya. Memberikan warna baru, menemukan bakat-bakat terbaik di bidang seni Islami. Saya yakin pasti banyak, hanya tidak kita temukan, tugasnya Lasqi itu, cari mereka dan dibina,” terangnya, kemarin.

Dukungan penuh juga datang dari Ketua Lasqi Sultra, La Ode Mustari. Dia menyebut Festival Lasqi tingkat provinsi tahun ini diencakanan dihelat di Buton Utara. Olehnya itu Ia meminta pengurus Lasqi Buton segera melakukan konsolidasi untuk persiapan berpartisipasi dalam agenda tersebut. “Karena jadwalnya November mendatang ada Lasqi Nasional di Surabaya. Mudah-mudahan kontingan Buton bisa ikut mewakili Sultra nanti,” katanya.

Ia pun berjanji akan memberikan yang terbaik untuk Lasqi Sultra. Para pahlawan siar Islam akan diberikan bonus. “Kita ini kadang hanya fokus pada pahlawan olahraga, padahal pahlawan siar Islam juga butuh award pemerintah. Insha Allah saya juga akan berupaya memberikan award yang layak pada para juara nantinya,” janjinya. Ia berharap Lasqi Buton tidak hanya terbentuk secara struktur organisasi, melainkan bisa membuat gerakan nyata yang membangkitkan kesenian Islam utamanya kasidah. (c/lyn)