Hanaruddin

KENDARIPOS.CO.ID– Penanganan terhadap pencegahan penyebaran virus corona di Kolaka Timur (Koltim) kian masif dilakukan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) bersama kepala desa telah mengalokasikan dana desa (DD) delapan persen untuk penanganan Covid-19 pada 117 wilayah.

Kepala DPMD Koltim, Hanaruddin, menyampaikan, DD pada 117 desa telah dialokasikan untuk penanganan Covid-19 pada tahun 2021 ini. Setiap desa akan membelanjakan kebutuhan untuk kepentingan tersebut. Ia berharap, para kepala desa memanfaatkan dana kebencanaan Covid-19 dengan memerhatikan petunjuk teknis

“Semoga dana delapan persen penanganan Covid-19 dimanfaatkan secara masif dalam meminimalisir penyebaran virus di desa masing-masing,” jelas Hanaruddin, kemarin.

Sementara itu Kepala Bidang Pemerintahan DMPD Koltim, Kusram Maroli, mengatakan, dana delapan persen untuk penanganan Covid-19 masuk dalam anggaran perubahan rencana kegiatan desa tahun ini. DD yang masuk dalam refocusing tahun 2021 dialokasikan untuk penanganan pandemi. Kusram menjelaskan, setiap desa memiliki besaran anggaran berbeda-beda, sesuai pagu tahun 2021.

“Semua aturan terkait perubahan anggaran dan pemanfaatan delapan persen itu telah kami lengkapi. Makanya diharapkan setiap kepala desa supaya mengerjakan sepenuh hati, bertanggung jawab dan sesuai aturan desa,” tandas Kusram Maroli. (c/kus)