Cuaca Buruk,Harga Sembako Masih Stabil

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kolaka, Muham­mad Azikin

KENDARIPOS.CO.ID– Hujan yang terus mengguyur sejumlah daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra), tak membuat harga sembilan bahan pokok (Sembako) mengalami kenaikan. Di Kabupaten Kolaka, sesuai pantauan pihak Dinas Ketahanan Pangan, harga Sembako pada se­jumlah pasar tradisional, masih terpantau normal.

“Harga beras Rp 9.500 per kilogram, bawang merah dan bawa­ng putih Rp 30 ribu per kilogram, cabai rawit Rp 15 ribu per kilo, telur ayam ras Rp 12.500 per kilo, dan daging sapi Rp 125 ribu per kilogram. Tidak ada lonjakan harga yang signifikan,” rinci Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kolaka, Muham­mad Azikin, saat ditemui, kemarin.

Pria yang sebe­lumnya menjabat Kepala Balitbang Ko­laka tersebut mengatakan, tidak adanya lonjakan har­ga Sembako di Bumi Me­kongga disebabkan karena ketersediaan pasokan yang masih memadai. Sehingga pihaknya belum terlalu mengharapkan distribusi barang dari luar daerah. “Stok sembako yang terse­dia saat ini jauh lebih besar dibanding dengan kebutu­han warga. Ketersediaan­nya hingga bulan depan, bahkan untuk beras bisa mencukupi kebutuhan warga sampai tahun 2022,” ujarnya.

Azikin berharap, stok Sem­bako yang ada di Kabu­paten Kolaka kedepannya bisa terus tercukupi. Se­hingga harganya bisa terus normal. “Kami juga akan terus berupaya untuk me­nyediakan stok Sembako agar tidak terjadi lonjakan harga. Sebab jika langka, biasanya harga ikut naik,” tuturnya. (c/fad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *