Cuaca Buruk, Jangan ke Pantai!

KENDARIPOS.CO.ID — Cuaca buruk melanda perairan Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam kurun waktu beberapa hari terakhir. Di Konawe, ombak lautan menghantam pesisir Pantai Batu Gong, pekan lalu. Akibatnya, bibir pantai mengalami abrasi dan merusak puluhan gazebo milik warga yang disewakan. Mengantisipasi jatuhnya korban jiwa, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe melarang sementara warga untuk bertamasya di Pantai Batu Gong, hingga situasi benar-benar aman.

Gelombang air laut menyebabkan abrasi dan merusak gazebo pengunjung di Pantai Batu Gong. Warga yang hendak berrekreasi diminta menunda niatnya, hingga cuaca membaik.

Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Konawe, H.M. Nur, membenarkan, telah terjadi abrasi pada tepi objek wisata Pantai Batu Gong. Kejadian itu menurutnya, disebabkan curah hujan yang tinggi sehingga membuat gelombang air laut menjadi naik. “Supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, masyarakat kita larang dulu ke Batu Gong dan wisata perairan lainnya. Pohon-pohon saya lihat tercabut dengan akarnya, gazebo juga banyak yang rusak berat,” ujar Nur, Senin (13/9).

Ia menuturkan, selama ini tidak ada pelarangan bagi warga yang hendak bertamasya pada objek wisata di Konawe. Yang dilakukan Pemkab, hanya melakukan pembatasan terhadap jumlah pengunjung yang datang. Pembatasan itu dilakukan Pemkab bersinergi dengan penduduk lokal pada kawasan objek wisata, termasuk melibatkan unsur TNI/Polri. “Sekarang kasus Covid-19 di Konawe mengalami penurunan. Jadi kita perkuat saja di penerapan protokol kesehatan. Hanya dengan adanya ombak besar ini, kita larang dulu orang-orang berlibur di pantai,” tandasnya. (c/adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *