Kery Meningkatkan Kualitas SDM Pemkab

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa terus memacu pembangunan di otoritanya. Pembangunan dimaksud tak hanya dalam bentuk fisik namun juga yang sifatnya nonfisik, yakni pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM). Bupati Kery bertekad meningkatkan kualitas sumber daya manusia warga yang dipimpinnya, terkhusus jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup pemerintah kabupaten (pemkab) Konawe.

Sekira 5.700 abdi negara lingkup pemkab Konawe dipastikan bakal berlomba-lomba memacu kinerja dalam hal pelayanan pemerintahan. Hal itu menyusul niat mulia sang bupati yang ingin “menyekolahkan” ASN yang berkinerja bagus, mulai dari jenjang Sarjana (S1) hingga Magister (S2).

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa (dua dari kiri, pegang mic) bersama ASN Pemkab Konawe dalam sebuah kegiatan

Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa mengatakan, peningkatan kualitas SDM tersebut merupakan wujud dukungan pemkab terhadap program nasional. Selaras dengan pemerintah pusat, Kery berpandangan investasi yang paling bagus dan tidak pernah rugi yaitu investasi dalam hal pengembangan SDM.

“Program itu sudah masuk rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Konawe. Harapannya, pegawai kita di Konawe terpacu untuk terus belajar serta berbuat yang terbaik dalam rangka mewujudkan konsep good governance,” pinta Kery Saiful Konggoasa kepada Kendari Pos, kemarin.

Kery mengemukakan, pemkab Konawe tidak boleh tertinggal dibanding daerah lain. Sehingga di tengah arus kemajuan zaman yang kian modern, Bupati Konawe dua periode itu terus berbenah dalam rangka menghadapi tantangan yang lebih berat kedepan. Apalagi menyangkut pelayanan pemerintahan, sambungnya, maka hal utama yang mesti digenjot yaitu kualitas aparaturnya terlebih dahulu.

“Salah satu cara mendorong kualitas itu adalah menyekolahkan pegawai. Insyaallah kalau tidak ada kendala, tahun ini kita sekolahkan ASN kita di Konawe mulai dari jenjang S1 maupun S2,” ujar Kery Saiful Konggoasa.

Politikus PAN Sultra itu menambahkan, ASN lingkup pemkab Konawe yang bakal disekolahkan tersebut harus memenuhi beberapa kriteria. Diantaranya, yakni memiliki kinerja yang sangat baik, serta punya kemauan yang kuat untuk tetap belajar sambil bekerja di satuan tugasnya masing-masing.

“Ini juga sebagai bentuk reward bagi pegawai yang menunjukkan kinerja terbaik. Rencananya itu kita akan sekolahkan di Universitas Halu Oleo (UHO) karena kita sudah ada kerjasama pengembangan SDM,” ungkap Kery Saiful Konggoasa.

Lebih rinci, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan menerangkan, program lanjut studi bagi ASN lingkup pemkab tersebut, merupakan wujud atensi Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa dalam hal pengembangan SDM yang diharapkan dapat bermuara pada meningkatnya kualitas pelayanan publik di otorita setempat. Ferdinand menyebut, ada tiga jurusan yang menjadi fokus pemkab Konawe bagi ASN yang bakal disekolahkan pada perguruan tinggi negeri (PTN) terbesar di Sultra tersebut. Ketiganya, yakni jurusan hukum, akuntansi dan jurusan informatika.

“Mereka yang difasilitasi kuliah itu adalah ASN dan non ASN. Jadi rencananya 40 ASN kita sekolahkan pada jenjang S1, terus 40 orang juga untuk jenjang S2. Dari masyarakat kurang lebih ada 29 orang juga kita akan sekolahkan untuk memberikan gambaran keterwakilan dari 29 kecamatan yang ada di Konawe,” beber Jenderal ASN Konawe itu.

Ferdinand Sapan menyebut, program lanjut studi perkuliahan tersebut bakal didorong mulai tahun ini dan terus berlanjut ditahun-tahun berikutnya. Sebagai langkah awal, dirinya pun meminta masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemkab Konawe segera mengusulkan satu nama ASN yang dianggap memiliki kinerja tinggi dan mempunyai kemauan untuk melanjutkan sekolah.

“Kita tidak batasi umur, apakah usianya 30 atau 40 tahun keatas itu tidak masalah. Yang penting, orang itu punya keinginan untuk melanjutkan sekolah,” tandas Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Konawe itu. (adi/b)

Mereka yang Difasilitasi Kuliah Adalah ASN dan Non ASN