-Berdayakan alumni siswa pelatihan Las Untuk Magang ke Jepang.

KENDARIPOS.CO.ID — Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari dan PT. KINKI Sulawesi Tenggara (Sultra) teken Memorandum of Understanding (MoU). Penandatangan MoU tersebut di laksanakan di Ruang Kerja Kepala BLK Kendari pada Senin, 13 September 2021. Antara kedua bela pihak yaitu Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu dan Direktur PT. KINKI Sultra Abdul Rais Nura, yang keduanya mewakili kantor masing-masing.

Kepala BLK Kendari Dr La Ode Haji Polondu menuturkan, penandatanganan MoU yang dilakukan BLK Kendari dan PT. KINKI Sultra merupakan hal baik untuk mengurangi angka pengangguran di Sultra.Dengan MoU ini diharapkan alumni siswa Las SMAW 3G BLK Kendari dapat diterima untuk bekerja atau magang ke Jepang.

“Adanya kerja sama ini, juga akan memberikan pengalaman baru bagi para alumni untuk bekerja di luar negeri dan itu akan difasilitasi oleh PT. KINKI Sultra Sinergi.Perusahaan ini merupakan lembaga pengirim pemagangan ke Jepang,” terangnya.

Ia menjelaskan, dalam kesepakatan tersebut BLK Kendari memberikan pelatihan terhadap peserta sesuai kebutuhan atau standar yang telah ditentukan, menyediakan sarana dan prasarana sebagai tempat pelaksanaan pelatihan, dan menyediakan data alumni pelatihan kejuruan teknik las alumni SMAW 3G untuk kebutuhan dari PT. KINKI Sultra Sinergi.

“Segala fasilitas sarana pelatihan sepenuhnya kami siapkan sesuai kesepakatan bersama, hal itu agar para alumni kita bisa menjadi tenaga magang berkualitas serta memiliki daya saing yang tinggi,” jelas mantan Kepala Bagian (Kabag) Rumah Tangga Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI).

Sementara itu, Direktur PT. KINKI Sultra Abdul Rais Nura, saat dikonfirmasi akan hal ini membenarkan, jika pihaknya telah menjalin kerjasama dengan BLK Kendari yang dituangkan dalam MoU.

“Kiita sudah teken MoU dengan BLK Kendari untuk pemagangan alumni siswa Las SMAW 3G ke Jepang,” tuturnya.

Penandatanganan MoU antara BLK Kendari & PT KINKI Sultra (13/9/2021).

Ia menyebutkan, dalam MoU tersebut PT. KINKI memiliki kewajiban untuk memberikan informasi kebutuhan alumni kepada BLK Kendari sesuai persyaratan yang dibutuhkan. Kemudian akan memberikan informasi detail tentang keahlian keterampilan yang diperlukan sehingga menjadi acuan penyusunan standar materi pelatihan berbasis SKKNI.

“Kami percaya alumni BLK Kendari bisa menjadi tenaga kerja yang handal di luar sana dan itu akan sangat membanggakan kami dan BLK Kendari,” tutupnya.(adv).