KENDARIPOS.CO.ID — Panitia seleksi daerah (Panselda) telah mantap menggelar Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon ASN dan PPPK lingkup Pemprov Sultra. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra memastikan menggelar SKD
mulai 14 September 2021, besok. SKD digelar hingga 16 September.

Kepala Bidang Mutasi dan Kepegawaian BKD Sultra, Kadir menyebutkan, pelaksanaan SKD lingkup Pemprov Sultra dilaksanakan selama tiga hari. “Jadwal SKD-nya sudah kita rilis dan dibagi setiap sesi sesuai rilis jadwal dari BKN, ” kata Kadir saat dihubungi Minggu (12/9) kemarin.

Dia menjelaskan peserta tes SKD lingkup Pemprov Sultra sekira 1. 587 orang. Rinciannya, 1.523 untuk CASN, dan 64 orang untuk PPPK non guru. Mereka di bagi dalam tiga sesi tes SKD. Setiap hari sekira 645 peserta. “Jumlah peserta seharinya sebanyak 645 yang dibagi dalam tiga sesi. Jumlah peserta per sesinya sebanyak 215 peserta dengan kapasitas ruangan 400 orang dan diisi setengahnya,” ungkapnya.

Adapun lokasi tes SKD CPNS dan PPPK Pemprov Sultra di gedung SMKN 1 Kendari. Tiga aula disiapkan panselda untuk tes SKD. “Persiapan pelaksanaan SKD sudah matang. Komputer dan seluruh jaringan yang bakal dikoneksikan dengan server BKN sementara proses,” jelas Kadir sembari menambahkan bahwa SMKN 1 Kendari tidak hanya digunakan peserta SKD lingkup Pemprov Sultra, tetapi termasuk peserta SKD dari Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Konawe Utara (Konut) dan Konawe Kepulauan (Konkep).

Jadwal tes SKD setiap kabupaten dan kota bervariasi. Tes SKD CASN Koltim mulai 16 sampai 23 September 2021. SKD CASN Kabupaten Konawe Utara (Konut) mulai 23 September sampai 2 Oktober 2021. Lalu, Konawe Kepulauan (Konkep) menggelar SKD mulai 2 Oktober sampai 3 Oktober 2021.
Bahkan kesiapan teknis terus dimatangkan Panselda untuk menyukseskan pelaksanaan SKD berbasis Computer Assisted Test (CAT).

BKPSDM Wakatobi menetapkan jadwal tes SKD CASN mulai 30 September hingga 2 Oktober mendatang. Lokasinya masih sama dengan pelaksanaan sebelumnya, yakni di Sanggar Budaya Wakatobi Kecamatan Wangi-Wangi Selatan. “Jadwalnya kan sudah ada. Begitu juga dengan lokasinya. Kita saat ini sudah mempersiapkannya karena tidak cukup sebulan lagi sudah mulai tes. Bagi peserta cukup bawa PCR atau rapid tes antigen 1 x 24 jam. Bagi yang bergejala akan kita siapkan ruangan khusus,” ujarnya Kepala BKPSDM Wakatobi, Sahibuddin dalam sebuah kesempatan.

SKD CPNS Muna dimulai 28 September sampai 2 Oktober 2021. Lokasinya di gedung bekas Akademi Keperawatan di Motewe, Raha. Kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Kabupaten Muna, Sukarman Loke menerangkan 1.817 peserta akan mengikuti SKD secara bergelombang. Panselda menyiapkan tiga sesi per hari dengan 150 orang akan ikut di setiap sesinya. Pengaturan sesi diberlakukan sesuai kapasitas gedung, dukungan perlatan dan mengikuti protokol kesehatan. “Nanti akan dibagi tiga sesi per hari,” jelasnya.

Di Kabupaten Buton, CASN akan mengikuti tes SKD mulai 14 September 2021. Sekira 5.200 pendaftar yang dinyatakan lolos berkas dan berhak mengikuti tahapan SKD. Karena peserta yang cukup banyak, sarana dan prasarana yang terbatas, maka tes akan digelar selama 10 hari.

Kepala BKPSDM Buton, Awaluddin mengatakan sebelum hari tes digelar, kesiapan gedung Wakaaka sebagai lokasi tes akan dimatangkan. Setiap hari kata dia akan berlangsung 3 sesi. Masing-masing 200 orang akan menghabiskan waktu tes kurang lebih 100 menit. “Tiga sesi setiap hari, kecuali hari Jumat 2 sesi saja. Jadi kalau 500 peserta itu 10 hari baru selesai,” jelasnya.

Sedangkan di Kabupaten Butur, 954 peserta CASN dan PPPK non guru akan mengikuti SKD yang dimulai 26-28 September 2021. Kepala Bidang Mutasi, Pengadaan dan Kedudukan Hukum BKPSDM Butur, La Ode Sajali mengungkapkan, pelaksanaan SKD selama tiga hari yang dibagi empat sesi dan hari terakhir dua sesi. Pelaksanaan seleksi mandiri dilaksanakan di Gedung CAT BKPSDM Butur.
“Pelaksanaan SKD CASN dan PPPK non guru mulai 26-28 September. Sebanyak 100 unit komputer telah disediakan untuk pelaksanaan seleksi berbasis CAT tersebut,” ujar La Ode Sajali. (rah/thy/ode/lyn/b)

Kesiapan Teknis SKD Terus Dimatangkan Panselda