KENDARIPOS.CO.ID — Pandemi Covid-19 belum berlalu dan masih merongrong negeri ini. Semua elemen di Sultra bersatu padu menangani pandemi Covid-19 sesuai peran masing-masing. Salah satunya, PT.Ceria Nugraha Indotama (CNI). Perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Kolaka itu ikut berkontribusi dalam memberantas Covid-19. Caranya, PT.Ceria melindungi tenaga medis di Kolaka yang berjuang digaris depan menangani penyebaran Covid-19.

PT.Ceria memberikan bantuan alat kesehatan kepada Pemkab Kolaka untuk percepatan penanganan Covid-19. Bantuan diserahkan Kepala Teknik Tambang (KTT/Head of Mining) PT.CNI, Alpi Cekdin mewakili direksi dan managemen PT.CNI kepada Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, Harun Masirri. Penyerahan bantuan disaksikan Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas Bupati Kolaka Ahmad Safei di Alun-alun 19 November Kolaka, Kamis (16/9) kemarin.

Kepala Teknik Tambang PT.CNI, Alpi Cekdin (kanan) mewakili direksi dan managemen PT.CNI menyerahkan bantuan Alkes dan APD kepada Kepala Dinas Kesehatan Kolaka, Harun Masirri (dua dari kiri) di Alun-alun 19 November Kolaka, Kamis (16/9) kemarin.

“Bantuan alat kesehatan (alkes) yang kami berikan sekira 17 item seperti oksigen konsentrator, alat rapid antigen, alat pelindung diri (APD) dan lainnya. Jika ditotal secara nominal lebih dari setengah miliar rupiah,” ujar KTT PT.CNI, Alpi Cekdin.

Menurutnya, pemberian alkes dan APD kepada Pemkab Kolaka sebagai wujud perhatian dan kepedulian perusahaan kepada pemerintah dan masyarakat dalam melawan dan menangani pandemi Covid-19. Menurut Alpi, sebelumnya PT.CNI juga menyalurkan bantuan alkes dan APD kepada Polres, Polsek Wolo, Puskesmas dan bantuan sembako kepada masyarakat di tengah pandemi Covid.

“Tahun 2020, PT.Ceria menyerahkan bantuan mobil ambulans ke Puskesmas Wolo, beberapa unit ventilator ke Rumah Sakit Benyamin Guluh Kolaka, dan ribuan paket masker ke Pemkab dan masyarakat sekitar tambang,” sebut Alpi Cekdin.

Alpi berharap dengan bantuan alkes dan APD yang diberikan maka dapat membantu Pemkab Kolaka maka dalam menekan angka penyebaran Covid-19. “Kami juga mendukung akselerasi vaksinasi. Bekerja sama Puskesmas setempat, Dinkes Kolaka dan Dinkes Sultra, kami memvaksin sekira 70 persen karyawan. Dan ini akan terus berlanjut hingga 100 persen. Nantinya kami memvaksin keluarga karyawan dan masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Akselerasi vaksinasi PT.Ceria dilakukan untuk mendukung terwujudnya herd immunity (kekebalan kelompok) di Kabupaten Kolaka dan di PT.Ceria yang sedang melakukan operasi pertambangan (penambangan dan pembangunan pabrik smelter dan HPAL). “Dengan tercapainya herd immunity di sekitar wilayah IUP PT.Ceria maka diharapkan ekonomi terus bergeliat dan tumbuh, utamanya dengan kehadiran PT.Ceria,” imbuh Alpi.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kolaka, Harun Masirri mengapresiasi bantuan yang diberikan PT.Ceria. Sebab, Dinkes sangat membutuhkan dan terbantu dengan alkes serta ADP tersebut. “Kami berharap semua dunia usaha yang ada di Kabupaten Kolaka, bisa berperan memberikan alat kesehatan, termasuk membantu masyarakat di tengah kondisi pandemi saat ini,” ujar Harun Masirri. (fad/b)