APBD-P Mulai Dibahas, Fokus Benahi Ibu Kota

H.M. Kasim Pagala

KENDARIPOS.CO.ID– Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Konawe Utara (Konut) kini mulai melakukan pembahasan bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD bersama pihak Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Dalam pembahasan anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2021 itu tak ada penambahan kegiatan. Sebagian besar merupakan pergeseran program jika ada item yang belum terpakai pada APBD murni.

“Tidak ada penambahan kegiatan dalam pembahasan APBD-P 2021, yang ada hanya pergeseran kegiatan. Misalnya, dalam satu OPD, ada satu kegiatan skala prioritas yang harus dilakukan, kemudian tidak teranggarkan. Kita lihat kalau ada anggaran yang belum digunakan, baru kita geser ke situ. Jadi tidak ada penambahan anggaran, tetap sesuai dengan APBD murni,” ujar Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konut, H.M. Kasim Pagala, Kamis (23/9).

Saat ini APBD Konut, kata Kasim Pagala, memang difokuskan pada pembenahan wajah ibu kota kabupaten di Wanggudu. Salah satu konsultan telah melihat dan mendesain wajah baru dan sementara berjalan. Sehingga tahun 2022 nanti, tata ruang ibu kota Konut akan berbeda dari sebelumnya. “Kita juga berharap jaring-jaring jalan di wilayah ibu kota yang sudah terbentuk akan ditingkatkan dan dilakukan pengaspalan. Kemudian lampu-lampu jalan akan menyala tiap malam,” janji Kasim Pagala.

Khusus penerangan jalan di ibu kota, Pemkab Konut akan mengalihkan dari sebelumnya menggunakan distribusi energi dari Perusahaan Listrik Negara (PLN) menjadi tenaga surya atau matahari. “Kemudian di ibu kota juga akan ada zonasi lokasi wahana permainan anak-anak, pusat kuliner, pusat belanja dan penataan rumah penduduk yang baik hingga ruang terbuka hijau. Sehingga tahun 2022-2023 dimungkinkan sudah tuntas dan terwujud,” katanya.

Kemudian memasuki ibu kota kabupaten, pintu masuk di Desa Lahimbua, Kecamatan Andowia akan dibangun gerbang. Termasuk gerbang keluar dari ibu kota juga akan didirikan di Kecamatan Asera. Semua sesuai dengan rencana tata ruang wilayah (RTRW) Konut. (c/min)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *