DISKOMINFO KOLTIM FOR KENDARI POS
AJUKAN BANTUAN : Bupati Koltim, Hj. Andi Merya (kiri) saat melakukan lobi meminta bantuan mengantisipasi bencana alam di BNPB melalui Komisi VIII DPR RI.

KENDARIPOS.CO.ID– Berbagai upaya dalam penanganan dan antisi­pasi bencana coba dilaku­kan dengan maksimal oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim). Untuk tujuan tersebut, Bupati Koltim, Hj. Andi Merya, bahkan melakukan lobi langsung ke pusat untuk mengaju­kan proposal bantuan penanga­nan ben­cana alam di otoritanya. Ia berkunjung ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Anzarul­lah, baru-baru ini.

Wakil Ketua DPD Gerin­dra Sultra itu menjelaskan, topografi Koltim membuat daera itu kerap dilanda bencana banjir dan angin puting beliung. Andi Merya berharap, usulan Pemk­ab Koltim melalui BPBD segera dapat direalisasikan oleh BNPB RI. “Bencana banjir, tanah longsor, an­gin puting beliung, keker­ingan dan Karhutla, apa­lagi pada Agustus sampai September ini, memenga­ruhi roda perekonomian masyarakat,†ujar Andi Merya, kemarin.

Anggota DPR RI Komi­si VIII dari Fraksi Partai Gerindra, HM. Husni, menyampaikan, perma­salahan ke­bencanaan harus di­antisipasi setiap daerah. Harus ada kerjasama yang baik antara Badan Nasional Penang­gulangan Bencana (BNPB) Pusat dengan BPBD.

“Berkas usulan bantuan yang diserahkan Pemkab Koltim, akan kami komu­nikasikan langsung ke mi­tra kerja BNPB. Di daerah itu membutuhkan perahu karet, pelampung, pera­latan penanggulangan bencana, logistik, dan lain-lain. Apalagi sudah empat tahun, pengajuan bantuan tersebut belum direspon,” janjinya. (c/kus)