Ilustrasi/jpnn

KENDARIPOS.CO.ID–Program pemberian vak­sin pada tenaga kesehatan (Nakes) yang menjadi garda terdepan dalam menan­gani penyebaran Covid-19, terus diintensifkan. Terba­ru, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim), melalui Dinas Ke­sehatan menggelar vaksi­nasi ketiga bagi 268 Nakes, dengan anti bodi merek Moderna.

Kepala Dinas Kesehatan Koltim, Bakwik Sirait, mengaku, kesadaran masyarakat dalam mengi­kuti program vaksinasi, cu­kup tinggi. Khusus untuk para Nakes, Sirait berharap, usai vaksin ketiga mereka kian terlindungi dari Covid-19 saat melayani masyarakat. “Meskipun begitu, petu­gas kesehatan tidak boleh lengah ketika memberikan pelayanan kesehatan pada pasien,” katanya, mengin­gatkan. Ia mengaku, caku­pan vaksinasi tingkat kabu­paten hingga Agustus 2021 lalu, berkisar 32 persen leb­ih. Ia yakin angka itu terus bertambah, karena pro­gram vaksinasi Covid-19 masih berlangsung.

Sementara itu Kepala Seksi Imunisasi dan Sur­veilans pada Dinkes Koltim, Risko Karim, mencatat, 268 Nakes yang menerima suntikan vak­sin Moderna berasal dari 12 kecamatan. Sebelumnya para Nakes telah mendapatkan vaksin Sinovac pada tahap satu dan dua. “Total 268 dosis atau 40,04 persen khusus Nakes untuk booster pada dosis ketiga. Pemberian anti bodi ke­pada tenaga medis ini untuk sema­kin melindungi diri dari paparan Covid-19,” jelas Risko Karim. (c/kus).