H Samahuddin

2021, Samahuddin Bangun Kantor OPD

KENDARIPOS.CO.ID– Pembangunan kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilakukan secara bertahap.
Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buteng kembali mengalokasikan anggaran Rp 5 miliar untuk melakukan pembangunan kantor yang terlatak di Desa Langkomu, Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng).

Hal ini disampaikan, Bupati Buteng, H Samahuddin saat ditemui wartawan Kendari Pos, kemarin. Ia menyatakan setelah pembangunan kantor OPD yang ada di Desa Nepa Mekar selesai dikerja tahun 2020. Tahun ini, ia kembali membangun satu kantor OPD di Desa Langkomu.

“Sesuai konsep kita, tahap demi tahap pembangunan kantor OPD kita lakukan. Dan kita akan sebar di semua kecamatan. Misalnya, kemarin kita bangun di Desa Nepa Mekar, Kecamatan Lakudo. Sekarang, kita bangun di Masteng, tepatnya di Desa Langkomu,” ujar Samahuddin.

Suami Hj Jusniar Samahuddin menjelaskan untuk anggaran yang dialokasikan dalam pembangunan OPD di Desa Langkomu sekira Rp 5 miliar yang bersumber dari APBD Buteng. Dia memastikan pekerjaannya bisa selesai tepat waktu, sebelum dirinya purna jabatan sebagai Bupati Buteng.

“Iya, pagu anggaran Rp 5 miliar. Saat ini, tengah dalam masa proses pekerjaan. Mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu, sehingga secepatnya juga bisa dimanfaatkan,” ulasnya.

Meski pembangunan kantor OPD belum dioptimalkan, namun masih ada hal lain yang perlu ditunaikan. Disisi lain, pembangunan kantor OPD ini sifatnya tidak mendesak. Karena, sampai hari ini pelayanan dan kinerja ASN tetap berjalan seperti biasa.

“Dari awal, niatan saya yakni, memperbaiki dulu kondisi jalan. Agar ekonomi masyarakat bisa meningkat. Kemudian, membangun kantor pelayanan. Seperti, rumah sakit maupun puskemas. Setelah itu pasar, maupun pariwisata,” ucapnya.

Samahuddin berharap pembangunan kantor OPD ini bisa terlaksana dengan baik. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan langsung dengan adanya kantor tersebut. Misalnya, masyarakat dapat menjajakan jualan.
“Paling tidak ada dampak positif dengan adanya pembangunan kantor OPD yang kita tempatkan di Masteng. Agar, masyarakat di kawasan perkantoran tersebut bisa menjajakan jualannya. Tentu ini dapat memajukan ekonomi keluarga,”ungkapnya. (rud/b)