ELYN IPO/KENDARI POS
SALURKAN BANTUAN : Bupati Buton, La Bakry saat menyerahkan BPNT kepada warga Pasarwajo, beberapa waktu lalu.

KENDARIPOS.CO.ID– Dinas Sosial Kabupaten Buton sebagai perpanjan­gan tangan Kemensos su­dah menunaikan tugasnya, menyalurkan bantuan ber­as pada keluarga penerima manfaat (KPM) di daerah itu. Total ada 2.837 KPM yang mendapat bantuan pangan non tunai (BPNT) dan sudah menerima haknya. Bupati Buton, La Bakry bahkan turun menyerah­kannya secara sim­bolis pada warga di tiap kecamatan, sejak be­berapa waktu lalu.

Kepala Dinas Sosial Ka­bupaten Buton, Asnawi Ja­maluddin, membenarkan hal itu. Ia menjelaskan, BPNT menjadi salah satu jenis bantuan yang disal­urkan pada masyarakat oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Bantuan di­berikan untuk mengurangi beban masyarakat yang terdampak pandemi Co­vid-19.

“Setiap kabupaten itu ada jatahnya, Buton sudah kita salurkan sejak awal sampai akhir Agustus kemarin. Ada yang secara simbolis oleh bupati, juga melalui pemerintah de­sanya, sekarang sudah 100 persen,” terangnya, Jumat (3/9).

Asnawi Jamaluddin men­gungkapkan, awalnya, Ke­mensos mengirimkan data penerima untuk masyara­kat Buton sebanyak 3.048 KPM. Namun setelah dilakukan verifikasi, ternyata ada 211 dari Busel dan Bu­teng. Akhirnya Buton han­ya 2.837 KPM yang valid sesuai by name by address

“Mungkin karena dulu Bu­ton ini satu wilayah, kemu­dian ada pemekaran. Tapi tidak ada masalah, karena kita sudah kembalikan ke daerah penerima,” tam­bahnya. Untuk diketahui BPNT itu berupa 10 kilo­gram beras. Pemerintah bekerja sama dengan Pe­rum Bulog sebagai penye­dia. (c/lyn)