KENDARIPOS.CO.ID– Mahasiswa angkatan 2018 Program Studi Manajemen, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka baru saja menuntaskan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan KKN tersebut diikuti oleh 137 mahasiswa yang tersebar di sejumlah daerah Sulawesi Tenggara, diantaranya Kabupaten Bombana, Kabupaten Buton, dan Kabupaten Muna.

Ketua Program Studi Manajemen FISIP USN Kolaka, Niar Astaginy, SE., M.Si., yang turut mendampingi dan memberikan penguatan kepada peserta KKN, mengungkapkan, pelaksanaan KKN Tematik 2021 ini bertema “Kampus Membangun Desa di Masa New Normal”.

Kata dia, Kegiatan KKN tahun ini merupakan yang kedua kalinya bagi Prodi Manajemen setelah pada tahun sebelumnya pihaknya memberangkatkan 50 mahasiswa angkatan 2017 sebagai mahasiswa angkatan pertama untuk mengikuti kegiatan serupa.

“Ini adalah KKN Tematik. Dimana mahasiswa dituntut untuk dapat secara aktif menunjukkan perannya dalam menangkap permasalahan-permasalahan (capturing problems) dan mengembangkan jalan keluar efektif sesuai dengan bidang keilmuan dan kompetensi yang dimilikinya. Sehingga pengetahuan teoritis yang mereka dapatkan di kampus dapat bermanfaat bagi masyarakat,” jelasnya saat dihubungi Jumat (24/9).

Niar mengatakan, KKN tematik memberikan ruang untuk terjalinnya harmonisasi antara civitas akademika dan masyarakat sebagai stakeholder. Menurutnya, harmonisasi tersebut dapat terwujud dengan baik melalui interaksi yang terbangun antara mahasiswa dan masyarakat. 

“Melalui proses ini, mahasiswa sebagai representasi dari civitas akademika dapat memberikan kontribusi pengetahuan dan tenaga bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desa, terutama di masa pandemi covid-19 menuju masa new normal. Kami berharap mahasiswa bisa hadir sebagai solusi dan mampu menjembatani hubungan timbal balik antara kampus dan masyarakat”, ujarnya.

Salah satu dosen yang juga pembimbing KKN Mahasiswa Prodi Manajemen, DR. Almansyah Rundu Wonua, menambahkan, kegiatan KKN bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar secara nyata bagi mahasiswa melalui interaksi sosial dengan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

“Harapannya, melalui kegiatan KKN ini mahasiswa dapat memiliki kepekaan dan daya tanggap yang tinggi sehingga mampu menghadirkan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu Mahasiswa Prodi Manajemen yang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Rompu-rompu, Kabupaten Bombana, Irnawati Dewi, menuturkan, kegiatan KKN yang diikutinya tahun ini memberikan manfaat yang luar biasa, khususnya dalam melatih kemampuan atau potensi yang ada dalam dirinya.

“Kegiatan KKN ini memberikan kesempatan bagi kami untuk mengkonversi teori-teori manajemen yang diperolehnya di bangku kuliah menjadi tindakan nyata yang dapat memberikan kontribusi bagi pemecahan masalah yang terjadi di masyarakat,” tuturnya. (fad/b)