Kabid SMK Dikbud Sultra, La Ode Fasikin (Kemeja Putih) saat memantau secara langsung pelaksanaan LKS tingkat Provinsi

KENDARIPOS.CO.ID– Adapun SMK yang akan menjadi duta Sultra ini, ya-kni SMKN 2 Kendari, SMKN 3 Kendari, SMKN 5 Kend-ari, SMKN 2 Raha, SMKN 3 Raha, SMKN 2 Bau-Bau, SMKN 3 Bau-Bau, serta SMK yang dari Kolaka, Kon-awe, dan Konsel.

Kabid SMK, La Ode Fasikin, mengatakan LKS untuk tingkat provinsi te-lah berjalan dengan baik. Meski di tengah keter-batasan karena pandemi Covid 19, tak menyu-rutkan semangat para siswa untuk saya sangat meng-apresiasi berprestasi.

“Alhamdulillah tahun ini kita kembali mengadakan LKS tingkat provinsi, di-mana total lomba menca-pai 17 kategori. Semuanya berjalan dengan lancar, dan tentunya sebagai ket-ua tim pelaksana kegia-tan, saya sangat bangga dan puas terhadap para siswa yang sangat antusias mengikuti setiap lomba. Mereka mengeluarkan seluruh kemampuan ter-baiknya agar bisa menjadi yang terbaik,” ungkap La Ode Fasikin.

LKS tahun ini dilakukan secara offline karena pusat kegiatannya dilaksana-kan di berbagai tempat sehingga bisa dilakukan secara langsung. Tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Tempatnya tersebar di berbagai SMK dengan ala-san agar bisa menghindari terjadinya kerumunan, dan jauh lebih simpel. Se-tiap sekolah hanya memi-liki peralatan yang sesuai dengan jurusan yang ada di sekolahnya. Adapun berbagai jenis lomba, seperti tata boga, elektro, mesin dan lainnya dige-lar di sekolah yang memi-liki peralatan yang dibu-tuhkan dalam lomba,” jelasnya.

Para pemenang lomba akan diatih dan bina den-gan baik untuk mengikuti ajang LKS tingkat na-sional. Mereka akan ter-us dilatih secara teratur sehingga bisa lebih siap mengikuti even berskala nasional.

“Kita akan bekerjasama dengan sejumlah indus-tri, agar bisa melatih dan membimbing para peme-nang LKS tingkat provin-si. Tentunsajandibawah bimbingan profesional mereka akan lebih siap sehingga bisa meraih prestasi yang selama ini kita masih kesulitan un-tuk bersaing di kancah nasional. Mudah-muda-han LKS kali ini siswa bisa memberikan yang ter-baik,” tandasnya. (Ilw/b)