Terobosan Daur Ulang Popok Bekas Menjadi Pot Tanaman Cantik Dan Media Tanam, Oleh : Satya Darmayani, S.Si., M.Eng – Kendari Pos
Opini

Terobosan Daur Ulang Popok Bekas Menjadi Pot Tanaman Cantik Dan Media Tanam, Oleh : Satya Darmayani, S.Si., M.Eng

KENDARIPOS.CO.ID — Popok bayi sering digunakan pada anak bayi atau balita. Popok yang sering digunakan adalah popok sekali pakai. Karena sekali pakai maka setelah dipakai dibuang dan mengakibatkan banyak sampah popok bayi tersebut. Semakin tinggi angka kelahiran maka semakin tinggi popok bayi yang digunakan, semakin tinggi popok yang digunakan maka semakin tinggi juga sampah yang dihasilkan. Presentase pemakaian popok bayi di Indonesia adalah sekitar 97,1%. Waktu yang digunakan untuk mengurai sampah popok bayi pun sangat lama yaitu 250-500 tahun agar terurai sempurna. Karena itulah perlu adanya pengolahan ulang popok bayi menjadi hal yang bisa dimanfaatkan lagi untuk mengurangi sampah dari popok bayi tersebut.

Satya Darmayani, S.Si.,M.Eng

Beberapa alternatif pemanfaatan limbah popok bayi diantaranya bagian luar popok dapat di daur ulang menjadi pot tanaman cantik dengan terlebih dahulu dipisahkan dengan bagian dalam penyerap popok, dengan menggunakan campuran semen (perbandingan semen dan air 2 : 1) lalu dicetak dan didiamkan sampai kering selama 24 jam. Sedangkan bagian dalam popok dapat dimanfaatkan sebagai alternatif media tanam.

Dengan kandungan yang ada pada limbah popok bayi bisa kita olah kembali agar limbah popok bayi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai alternatif media tanam, karena popok bayi memiliki kandungan hydrogel yaitu gel yang dapat menyerap air atau menyimpan air. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif media tanam agar lebih lembab atau mampu menyimpan air dalam waktu cukup lama dan baik untuk tanaman. Karena yang dipakai adalah limbah popok yang sudah dipakai maka terdapat kandungan lain yaitu urin. Kandungan zat dalam urin antara lain adalah sampah nitrogen, asam hipurat, ion- ion elektrolit, hormone, dan sebagainya. Maka dari itu kandungan urin pada limbah popok bayi ini bisa juga digunakan sebagai pupuk setelah dilakukan fermentasi untuk mengurai senyawa organiknya. Dengan adanya kandungan yang terdapat pada limbah popok bayi dan dengan metode yang tepat maka limbah bagian dalam popok bayi dapat dimanfaatkan sebagai alternatif media tanam dengan keunggulan kelembaban tinggi dan juga kaya akan unsur hara dan pupuk organik, serta bagian luarnya dapat di daur ulang menjadi pot cantik.

Tentu ini juga dapat menjadi solusi untuk membantu masalah perekonomian masyarakat yang semakin sulit dimasa PPKM pandemi Covid 19 ini, karena disamping masyarakat dapat mengolah limbah popok sekali pakai berbasis zero waste industry, pembuangan popok di sembarang tempat dapat berkurang, juga dapat mengurangi resiko pencemaran air tanah, serta terciptanya produk pot dan media tanam bernilai ekonomis.(*)

Penulis : Satya Darmayani, S.Si.,M.Eng (Dosen tetap di Institut Poltekkes Kemenkes Kendari, Jurusan Teknologi laboratorium medis.)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy