Peredaran Narkoba di Sultra Kian Mengkhawatirkan – Kendari Pos
Hukum & Kriminal

Peredaran Narkoba di Sultra Kian Mengkhawatirkan

Kombes Pol Muhammad Eka Faturrahman.

Delapan Bulan, 374 Tersangka
KENDARIPOS.CO.ID– Kasus penyalahgunaan narkoba di Sulawesi Teng­gara (Sultra) kian meng­khawatirkan. Faktanya, sepanjang Januari-Agus­tus tahun 2021, Polda Sultra telah menangani 341 kasus, dengan 374 ter­sangka yang dijebloskan ke hotel prodeo.

Direktur Reserse Narko­ba Polda Sultra, Kombes Pol Muhammad Eka Faturrahman mengata­kan dari kasus itu, barang bukti sabu yang berhasil diamankan 5.909,89 gram, ganja 72,11 gram dan tem­bakau gorila 3,35 gram.

Ia prihatin pelaku pen­yalahgunaan narkoba makin meluas sampai anak-anak dan remaja. Menurutnya, penyalah­gunaan barang haram ini telah melibatkan berba­gai profesi dan usia. “Yang kami tangkap itu rata-rata, dari mereka yang pendapatan ekonomi menegah kebawah. Dari pemeriksaan, 90 persen pengakuan tersangka, fak­tor utamanya ekonomi. Jadi orang-orang memilih terlibat dalam peredaran gelap narkoba khususnya sabu, karena merasa den­gan mudah menjual dan mengedarkan barang har­am itu,” ujarnya.

Katanya, peredaran narkotika di Kota Kend­ari lebih banyak diband­ingkan kabupaten lain­nya. Salah satu faktor penyebabnya ialah per­tumbuhan ekonomi. Bandar dan pengedar, katanya, menyebarkan narkoba secara terorgani­sir.

“Kerja rapih dan raha­sia. Tidak langsung di­jual ke pemakai, tapi jus­tru diberikan kepada kurir lain, untuk disebarkan. Dalam menyebarkan, sis­tem yang sering diguna­kan yaitu sistem tempel yang paling tren bahkan menembus sekat-sekat perbatasan antar negara, hingga provinsi,” imbuhn­ya.

Proses transaksi narko­ba sistem tempel, komu­nikasi via handphone. Pengedar dan pemakai tidak saling ketemu. “Tapi untuk lokasi, barang dan jumlah uang yang ditrans­fer, para pengedar dan pemakai sudah ada kes­epakatan,” terangnya.
“Selain penegakan hu­kum, kami terus upaya­kan pencegahan, jangan sampai masyarakat mel­akukan penyalahgunaan. Yakni dengan cara men­ingkatkan sosialisasi, edukasi serta penyulu­han,” tutupnya. (ndi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy