Inovasi Layanan Disdukcapil Tuai Pujian

MUHAMMAD RUSLI/KENDARI POS
MAKSIMALKAN PELAYANAN : Kadisdukcapil Kolut, Buhari (tengah) saat memaparkan terobosan program inovatif yang dilakukan jajarannya di hadapan Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri dalam sebuah rapat virtual yang diikuti 25 daerah di Indonesia.


KENDARIPOS.CO.ID–Terobosan program inovatif yang dilakukan jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kolaka Utara (Kolut), membuat pihak Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan pujian.

Instansi yang dipimpin Buhari tersebut bahkan kembali didaulat menjadi pembicara dalam rapat virtual yang diikuti 25 kabupaten dan kota di Indonesia. Kolut merupakan salah satu dari empat daerah di Sulawesi selain Manado, Palu dan Bulukumba yang mendapat kepercayaan untuk memaparkan inovasi layanan mereka.

Kepala Disdukcapil Kolut, Buhari, mengatakan, pelayanan di instansinya dipandang pihak Dirjen telah sesuai dengan regulasi yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) bomor 96 Tahun 2018 terkait kemudahan pelayanan.

“Keempat daerah di Sulawesi ini masing-masing diberi waktu 5-10 menit menjelaskan,” ujarnya, kemarin.
Buhari memaparkan, prinsip memudahkan pelayanan dan menyederhanakan persyaratan adalah hal mutlak yang harus dilakukan pihaknya. “Karena kadang masyarakat merasa sulit dilayani dan persyaratan yang rumit. Apalagi kadang di sebuah daerah ada yang menambah-nambah persyaratan,” tuturnya.

Bagi Buhari, kesempatan yang diberikan pihak Dirjen untuk memaparkan program kerja mereka, secara tidak langsung mengisyaratkan pengakuan akan terobosan yang dilakukan di Kolut selama ini. Hal tersebut semakin memotivasi pihaknya untuk terus meningkatkan inovasi.

Untuk diketahui, metode pelayanan Disdukcapil Kolut sebelumnya juga telah diapresiasi Pemerintah Pusat hingga program itu disiarkan pada TV Desa milik Kementerian Desa (Kemen Des) Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) secara nasional. (c/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *