Ikut Pembekalan Kepemimpinan, Jabarkan Rencana Pembangunan

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
TINGKATKAN INTEGRITAS : Bupati Butur, Ridwan Zakariah saat mengikuti pembekalan kepemimpinan dari Kemendagri via daring di Aula Setkab didampingi sejumlah pejabatnya, kemarin.

KENDARIPOS.CO.ID– Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus memastikan program pemerintah yang dijalankan, tepat sasaran. Begitu pula, kapasitas kepala daerah harus memiliki tanggung jawab besar meningkatkan kesejahteraan di daerah yang dipimpin masing-masing. Makanya, Kementerian yang dipimpin Tito Karnavian itu menyelenggarakan pelatihan pembekalan kepemimpinan dan mewajibkan seluruh kepala daerah memaparkan rencana aksi pembangunan di otoritanya.

Bupati Kabupaten Buton Utara (Butur), Muh. Ridwan Zakariah, turut mengikuti kegiatan secara daring itu hingga tuntas. Bupati dua periode tersebut bahkan diberi kesempatan menyusun dan menjabarkan desain aksi nyata lima tahun mendatang membangun Lipu Tinadeakono Sara. Ridwan Zakariah mengungkapkan, rencana aksi pembangunan lima tahun mendatang orientasinya mewujudkan Butur yang adil, maju dan sejahtera.

Infrastruktur secara umum dibenahi, menghadirkan sarana transportasi udara, membangun gedung rumah sakit umum daerah yang representatif, dan pusat perbelanjaan modern. Selain itu, pengembangan sektor pariwisata, pertanian, peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan sektor unggulan lainnya. Semua telah dimasukkan secara detail dalam rencana pembangunan daerah jangka menengah.

“Pelatihan dan pembekalan ini sangat dibutuhkan, supaya kepala daerah tidak salah langkah dan bisa menjalankan roda pemerintahan dengan baik sesuai amanat undang-undang,” jelasnya, Rabu (4/8). Pelatihan kepemimpinan tersebut penting dan wajib diikuti kepala daerah untuk meningkatkan kapasitas dan integritas.

Mantan Sekab Buton itu menambahkan, pembekalan juga bertujuan meningkatkan pengetahuan kepala daerah tentang pemerintahan. Panitia memberikan materi terkait demokrasi, kepemimpinan dan pemberantasan korupsi. Selama pembekalan juga ada tahapan penyusunan rencana aksi pembangunan.

“Dalam pembekalan ini, Mendagri mengharapkan bupati sukses memimpin daerah dan mampu menjalin hubungan baik dengan semua pihak seperti Forkopimda, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat. Sehingga program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik,” tandasnya. (b/had)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *